Politik

KPPG Bahas Strategi Pemenangan Pemilu 2019

SATUMANDAU – Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) menggelar Konsolidasi Nasional Fungsionaris Perempuan Partai Golkar, Rabu (9/5/2018) di Aula DPP Partai Golkar. Konsolidasi kali ini mengangkat tema “Strategi Efektif dan Cerdas Menjadi Pemenang”.

Kadek Dwita Apriani, Direktur Cyrus yang menjadi salah satu narasumber menyampaikan bahwa caleg perempuan Golkar harus memahami peta daerah pemilihannya (Dapil).

“Pemetaan target suara meliputi total suara yang ada di Dapil, tingkat pertisipasi pemilih, jumlah kandidat, dan kekuatan masing-masing kandidat”, papar Kadek yang menyampaikan materi berjudul “Langkah Cerdas Caleg Perempuan dalam Meningkatkan Elektabilitas”.

Menurut Kadek, dalam kampanye, caleg-caleg perempuan Golkar harus memahami isu di Dapilnya. Menurutnya ada dua hal penting dalam penguasaan isu, yaitu isu populer dan konsistensi mengangkat sebuah isu.

“Isu populer di Dapil dapat diperoleh dari pemetaan. Isu populer tidak harus besar, yang penting mengena di kehidupan keseharian masyarakat. Akan lebih ideal jika isu itu disesuaikan dengan kiprah aktivitas caleg selama ini sehingga caleg menguasai masalah. Caleg perlu menunjukkan konsistensinya terhadap isu sentral kampanye yang diangkat,” lanjut Kadek.

Ketika masa kampanye, Kadek juga menyarankan agar caleg perempuan Golkar membuat program nyata dengan memaksimalkan potensi sosial ekonomi yang ada di Dapilnya, seperti pelatihan keterampilan, pemberdayaan usaha mikro dan rumah baca. “Program nyata ini kalau bisa merupakan solusi dari isu yang diangkat di kampanye”, kata Kadek.

Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) menyampaikan bahwa acara konsolidasi fungsionaris perempuan Golkar ini dalam rangka memenangkan Pemilu 2019 nanti. Dalam rangka memenangkan perempuan Golkar, KPPG telah membentuk Lembaga Pendampingan dan Pemenangan Pemilu sebagai tempat konsultasi caleg-caleg perempuan Golkar.

reportase: Sumarsono