Kabar Kalimantan

Kompak Nih! Golkar, PKB Dukung YAS Menangkan Pilkada Sanggau 2018

SATUMANDAU Dua Partai di Kabupaten Sanggau, yaitu Golkar dan PKB kompak berkoalisi mendukung pasangan YAS menangkan Pilkada Sanggau 2018. Kekompakan ini terjadi setelah kedua partai tersebut secara resmi mendukung pasangan Yansen Akun Effendy dan Fransiskus Ason atau yang populer disebut pasangan YAS di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang.

Fransiskus Ason mengaku bersyukur dengan kepercayaan yang diberikan Partai Golkar kepada dirinya untuk maju di Pilkada 2018. Iapun mengaku siap berkompetisi secara sehat. Ketua DPD II partai Golkar Sanggau tersebut mengatakan bahwa dirinya berniat untuk membangun Sanggau. Sebagai putra asli Sanggau, bagi Fransiskus Ason adalah suatu kehormatan jika mendapatkan kesempatan membangun daerah asalnya.

Pimpinan kedua partai, baik Partai Golkar maupun PKB Kabupaten Sanggau memperlihatkan surat dukungan dari partainya pada acara peresmian calon tersebut. Surat Keputusan dari Partai Golkar, ditandatangani Ketua DPP partai Golkar dan Sekjennya dengan nomor R-531/Golkarl/XI/2017. Sementara untuk Partai PKB, surat keputusan ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekjen dengan nomor surat 24626/DPP-03/VI/A.1/X/2017.

Pasangan YAS juga sudah mempersiapkan slogan untuk kampanye pemenangan mereka. Membangun Sanggau dari kampung, itulah slogan yang diusung Wakil Ketua DPRD Sanggau itu. Ason mengakui optimis bahwa dengan pengalamannya di dunia politik, dirinya akan mampu membawa anggaran besar untuk kepentingan masyarakat Sanggau. Disamping itu, Asong juga yakin bisa memperkuat investasi di daerah untuk kepentingan masyarakat.

 

Ketua DPC PKB Sanggau, Utin Ayu Supadmi juga membenarkan peresmian pasangan YAS dengan terbitnya SK dari pusat. Menurut PKB, dipilihnya pasangan YAS,  karena PKB menilai pasangan tersebut mampu menyuarakan kepentingan masyarakat khususnya ditingkat akar rumput.

“PKB menilai, pasangan YAS ini pasangan harmonis dan ideal. Dan kalau bicara pengalaman mereka berdua juga orang yang sudah berpengalaman, Pak Yansen itu mantan Bupati, sementara Pak Ason itu Wakil Ketua DPRD juga ketua partai Golkar Sanggau, saya rasa cocoklah mereka berdua ini,” ujar Anggota DPRD Sanggau itu.

Yansen Akun Effendi sebagai sosok Bakal Calon Bupati Sanggau, juga membenarkan terbitnya surat keputusan kedua partai tersebut. “Saya sudah terima suratnya,” kata Yansen. Menurutnya, sebagai orang yang pernah memimpin Sanggau tentunya memiliki pandangan bagaimana seharusnya membangun Kabupaten Sanggau sehingga lebih maju, merata, berbudaya yang akhirnya kesejahteraan rakyat yang menjadi cita-cira seorang pemimpin. “Itulah keinginan saya, bagaimana Kabupaten Sanggau ini lebih maju, merata, berbudaya dan sejahtera,” pungkas politisi Hanura tersebut.

Lalu, apakah Yansen optimis dapat memenangkan pilkada tersebut? Mantan Bupati Sanggau ini mengaku optimis, namun dengan tetap mengedepankan politik santun, kompak dan bermartabat untuk kepentingan masyarakat Sanggau. “Kita bersama-sama menjagalah, Sanggau ini milik kita bersama, bukan milik satu dua orang,” ujarnya.

Setelah mendapatkan dukungan dari Partai Golkar dan PKB, maka pasangan tersebut telah menenuhi syarat minimal 20 persen jumlah kursi DPRD. Menurut rencana, sebelum mendaftarkan pasangan ini di KPU, tim pemenangan pasangan YAS akan menggelar deklarasi bersama seluruh partai pendukung dan simpatisannya. Dengan terbentuknya koalisi yang kompak antara Partai Golkar dan PKB ini, pasangan YAS memiliki kekuatan dan optimisme yang cukup besar untuk memenangkan Pilkada Sanggau 2018.  [ ### ]