Nusantara

Ketua DPR Hadiri Diskusi SOKSI, Soroti Ketimpangan Upah Buruh

SATUMANDAU – Dewan Pimpinan Nasional Sentra Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia ( Depenas Soksi) menyelenggarakan seminar sehari dalam rangka peringatan Hari Buruh yang dilaksanakan di DPP Partai Golkar, Jakarta. Senin (7/5/2018).

Dalam diskusi yang juga menghadirkan beberapa pembicara, diantaranya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI, Bambang Soesatyo, dalam kesempatan ini sangat memperhatikan ketimpangan pendapatan atau upah dalam Dunia kerja di Indonesia.

 

”Salah satu yang masih dan masih saja disetiap peringatan hari Buruh, adalah belum selesainya ketimpangan upah diantara kalangan pekerja yang saat ini masih diperjuangkan terus. Meski masalah kompetensi dan juga persaingan juga tidak lepas dari penyebab kerimpangan upah ini.” Jelas Legislator Golkar yang saat ini sedang memimpin DPR RI tersebut.

Keprihatinan Bambang Soesatyo ini memang menjadi sebuah alasan kuat jika melihat persoalan datangnya para Tenaga Kerja Asing ( TKA ). Perihal banjirnya TKA di Indonesia, terutama dari Tiongkok saat ini berdampak cukup signifikan akibat dampak dari globalisasi, dan ini pasti akan meninbulkan kecemburuan soal pendapatan akibat permasalah kompetensi sekaligus konsekuensi dampak kesepakatan Investasi antara negara.

” upah minimun yang ditetapkan disetiap pemerintahan daerah, juga sangat jarang yang memberikan kesenangan serta kenyamanan dianatara para pekerja soal upah ini. Belum lagi dampak konsekuensi Investasi antara pemerintah pusat dengan negara luar, secara langsung sudah mendapatkan protes protesnya dikalangan pekerja lokal dan TKA karena bukan dalam hal upah, tapi memang kenyamanan dalam berkerja,“ lanjut politisi Golkar yg biasa disapa Bamsoet itu.

Seminar Soksi yang dilangsungkan dalam suasana hari Buruh Dunia ini, juga dijadikan momentum oleh Depinas Soksi untuk mensinergikannya dengan perkembangan revolusi industri 4.0.

 

Reporter: Sumarsono