Kabar Kalimantan

Kejar Ketertinggalan, Kalbar Genjot Pembangunan Infrastruktur

SATUMANDAU – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H Sutarmidji mengatakan, Kalbar bisa maju dan dapat mengejar ketertinggalan dengan daerah lain jika infrastruktur di Kalbar sudah terbangun secara merata. Untuk itu Pemprov Kalbar sekarang ini memfokuskan pembangunan dengan membangun infrastruktur jalan, pendidikan, SDM, dan kesehatan.

Hal itu dikatakan Gubernur Kalbar Sutarmidji seusai acara ramah tamah dalam rangka HUT ke-20 Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Selasa (16/7/2019).

Sutarmidji mengatakan, pihaknya sedang merencanakan pembangunan gedung Kantor Gubernur enam lantai, RSU Sudarso dan SMA unggulan di Mempawah. Untuk RS Sudarso akan ada penambahan fasilitas yang cukup memadai bagi rumah sakit.

Sementara untuk pendidikan akan dibangun SMK unggulan di Kabupaten Bengkayang, Sanggau, dan Landak. “Selanjutnya akan dilaksanakan reformasi birokrasi,” tambah Sutarmidji.

Oleh sebab itu semua kepala daerah dituntut harus mengetahui semua program pembangunan yang akan dilaksanakan. Selain itu perlu adanya percepatan percapaian dalam pelaksanaan pembangunan khususnya infrastruktur.

Untuk pembangunan jembatan Sui Sambas tahun depan sudah dianggarkan uang mukanya. Di mana anggaran pembangunan jembatan itu diperkirakan mencapai Rp 1 triliun.

Selain itu diharapkan pembangunan infrastruktur jalan pendukungnya juga selesai sesuai jadwal, sehingga percepatan ekonomi khususnya di Kabupaten Sambas sesuai dengan yang diharapkan.

Sutarmidji menambahkan, pada tahun yang akan datang anggaran provinsi akan dapat diakses dan terakses secara online. Pembangunan akan dilaksanakan dan dimulai dari wilayah pinggiran atau desa di mana sesuai target tahun ini 60 desa mandiri.

Secara terpisah Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili mengatakan, Sambas merupakan wilayah yang berbatasan dengan Malaysia. Di mana dengan waktu 2,5 jam perjalanan darat bisa sampai di Ibu Kota Sarawak Malaysia.

Sekarang ini Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Aruk Sajingan sudah dibangun dengan megah dan menjadi kebanggaan warga Sambas dan secara umum Indonesia. “Sesuai dengan data yang diterima diperkirakan 80.000 orang warga Sambas bekerja di Kuching Malaysia dan hal ini harus mendapat perhatian kita semua,” pungkasnya. (beritasatu)


foto cover: Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji berfoto bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalbar seusai perayaan HUT-20 Kabupaten Sambas, Selasa (16/7). ( Foto: SP/Sahat Oloan Saragih )

Join The Discussion