Politik

Jokowi Ditinggal Generasi Milenial Akibat Ma’ruf Amin

SATUMANDAU – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Eva Kusuma Sundari, menanggapi soal wacana baru Prabowo Subianto yang akan ditampilkan tak lagi garang, melainkan pasangan yang merangkul milenial.

Kemudian soal hasil survei LSI yang mengungkapkan Jokowi akan ditinggalkan pemilih pemula karena Ma’ruf Amin, sosok yang sudah sepuh, menjadi cawapresnya.

“Ini pemilihan capres bukan cawapres. (Pemilih) pemula tak bisa ditipu baju, mereka memilih yang bisa bekerja dan terbukti berguna bagi kaum muda,” kata Eva melalui pesan singkat, Kamis, 23 Agustus 2018.

Ia mengklaim tim Jokowi sebenarnya juga terbukti cerdas mengambil hati para pemilih pemula. Ia mengakui memang dalam pemilu diadu kecerdasan branding dan mengemas kinerja.

“Dalam pemilu, adu kecerdasan untuk branding dan mengemas kinerja. Tim Jokowi terbukti cerdas mengambil hati para pemilih pemula. Jangan lupa PDIP tempat tambatan hati mereka,” kata Eva.

Sebelumnya, survei LSI mengungkapkan elektabilitas Jokowi menurun karena Ma’ruf Amin menjadi cawapresnya. Berikut salah satu hasilnya:

1. Pemilih muslim
Jokowi: 51,7%
Jokowi-Ma’ruf: 52,3%

2. Nonmuslim
Jokowi: 70,3%
Jokowi-Ma’ruf: 51,5%

3. Kaum terpelajar
Jokowi: 50,5%
Jokowi-Ma’ruf: 40,4%

4. Pemilih pemula atau milenial
Jokowi: 47,1%
Jokowi-Ma’ruf: 39,5%

sumber berita