Nusantara

JK Yakin Pilkada 2018 Aman dan Damai

SATUMANDAU – Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla meyakini dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 akan berlangsung aman dan damai. Hal itu disampaikan saat mengisi kuliah umum kepada Peserta PPRA LVII dan PPRA LVIII Tahun 2018 Lemhanas RI di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (25/6).

“Ada beberapa alasan kenapa pilkada atau pemilu akan berjalan biasa saja. Pertama tidak ada koalisi nasional di provinsi ini Golkar bersama PDIP. Di provinsi lain Golkar dengan Demokrat. Jadi campur baur hingga tidak ada poros nasional. Tidak ada emosionalnya,” kata JK.

JK sapaan akrabnya mengatakan saat ini aturan KPU sangatlah ketat sehingga membuat pesta demokrasi akan berjalan aman serta pengamanan yang ketat dari pihak kepolisian.Ia juga menyakini saat ini masyarakat semakin cerdas sehingga tidak akan terpengaruh dengan kampanye hitam.

“Keempat, rakyat itu sudah mengetahui banyak. Jadi banyak orang ke pesantren pasti berpengaruh. Santrinya juga membaca dari dekat tidak hanya dari kiai walau dari kiai juga penting. Jadi masyarakat sudah dapat informasi langsung,” papar JK.

Dalam kesempatan itu, JK mengingatkan kepada seluruh pejabat negara untuk menjaga netralitas dalam pilkada agar berjalan damai.

“Ya tentu bukan hanya Polri, semua aparat negara harus netral. Bukan hanya Polri, tapi semuanya. TNI, pejabat-pejabat negara, saya, harus netral semuanya,” ujar JK.

sumber berita