Kabar Kalimantan

Jadi Percontohan Prototype Di Indonesia, Puskesmas Karangan Bikin Bangga!

SATUMANDAU – Awal minggu ini menjadi pekan membanggakan bagi Kalimantan Barat, khususnya warga Kabupaten Landak. Hal ini terkait peresmian Puskesmas Prototype Karangan Bersama Bupati Landak, Bupati Landak Karolin Margret Natasa, Senin (22/7/19).

Andi Saguni, Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan, mengungkapkan bahwa pembangunan Puskesmas tersebut merupakan kerjasama pusat dan daerah.

“Puskesmas Prototype ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Kabupaten Landak,” ungkapnya.

Pembangunan Puskesmas ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), pos Dana Alokasi Khusus (DAK). Anggaran tahun 2018 Kementerian Kesehatan RI, dengan total pembangunan dialokasikan sebesar anggaran Rp 11 Milyar, dari total anggaran Kementerian sebesar Rp 66 Milyar. .

Alokasi dana itu mencakup beberapa hal, mulai dari bangunan puskesmas, penataan halaman, rumah dinas medis dan para medis, kendaraan roda dua, kendaraan roda empat yakni Ambulance dan puskesmas keliling, prasarana dan sarana alat kesehatan (alkes).

Andi mengatakan bahwa pada tahun 2018 Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah telah membangun sebanyak enam Puskesmas Prototype Modern.

Sedangkan, pada tahun 2019 ini, kembali akan membangun satu lagi Puskesmas Prototype. Ditambah, rencananya sejumlah tiga Puskesmas pada tahun 2020. Dana bersumber dari DAK Afirmasi dan regular empat Puskesmas.

Andi mengharapkan dengan adanya fasilitas baru ini, layanan Puskesmas dengan gedung, fasilitas dan alat kesehatan yang lengkap ini bisa berkualitas untuk masyarakat terutama masyarakat Kabupaten Landak. (SM)

Join The Discussion