Nusantara

Inilah Para Penerima Penghargaan Achmad Bakrie XVI Tahun 2018

SATUMANDAU – Untuk ke-16 kali, Penghargaan Achmad Bakrie, atau PAB akan kembali digelar Selasa (14/8/2018) yang bertempat di Gedung Djakarta Theater, Jakarta Pusat. Anindra Ardiansyah Bakrie yang bertindak sebagai Ketua Umum Pelaksana PAB, mengaku bangga perhelatan Penghargaan Achmad Bakrie ini bisa kembali terlaksana.

Para pemenang Penghargaan Achmad Bakrie terbagi ke dalam beberapa bidang, yaitu Bidang Pemikiran Sosial, Bidang Kesusastraan, Bidang Sains, dan Bidang Technopreneurship. Berikut ini para pemenang Penghargaan Achmad Bakrie sesuai bidangnya.

Bidang Pemikiran Sosial: SALIM HAJI SAID 
Mengisi ruang kosong pengetahuan publik mengenai alam pikiran tentara yang melandasi gerakan politik TNI, yang dituangkan lewat karya dan pemikirannya. Minat akademiknya pun tidak hanya dalam bidang politik militer, secara serius Ia juga melakukan pengamatan dan berkarya untuk kesenian, khususnya film dan sastra.

Bidang Kesusastraan: AYU UTAMI
Memperluas batas cakrawala sastra Indonesia melalui bentuk penulisan maupun keterbukaan isinya, baik sosial, politik, maupun seksualitas. Ia berhasil mengembangkan bentuk novel berkarakter polifonik, dan menyuarakan spiritualitas kritis.

Bidang Sains: FERRY ISKANDAR
Torehan prestasi di bidang sains pengembangan advance materials yang antara lain mengantarkannya pada penemuan material berpendar BCNO (Boron Carbon Oksinitrida, 2008) dan belasan paten yang diperolehnya di luar negeri, tak membuat Ia silau pada pendaran materi duniawi. Peneliti nano teknologi yang dengan prestasi unggul menyelesaikan S1, S2 dan S3 di luar negeri ini, pada akhirnya berbulat- tekad kembali ke tanah air untuk mendedikasikan penelitian dan membagikan ilmunya bagi saudara sebangsanya, antara lain di bidang nanokatalis, material baterai, dan material luminescent carbon dots untuk aplikasi bio-imaging.

Bidang Technopreneurship: BUKALAPAK (ACHMAD ZAKY dkk)
Secara konsisten terus memperluas literasi digital dalam upaya turut membangun usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Berhasil menciptakan trust building di antara puluhan juta konsumen dengan sekira tiga juta pelapak, menghasilkan lebih dari setengah juta transaksi per hari. Ini adalah wujud pemberdayaan ekonomi yang nyata, melalui kewirausahaan berbasis teknologi.

#PenghargaanAchmadBakrie #PAB2018 #BakrieAward #BakrieAward2018

 

sumber berita