Kabar Kalimantan

Ingin Rebut Adipura, Golkar Minta Pemkot Palangka Raya Berbenah

 

Satumandau – Rusliansyah meminta pemerintah kota setempat membenahi sarana dan prasarana yang menjadi titik-titik penilaian adipura. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya ini mengatakan bahwa hasil penilaian adipura dari tahun sebelumnya seharusnya menjadi acuan pemerintah kota sebagai rujukan perbaikan.

Rujukan perbaikan tersebut agar pembenahan sarana menjadi terfokus, dan dengan demikian, Palangka Raya dapat kembali meraih adipura. Ruslianyah mengatakan hal tersebut di Palangka Raya, pada Selasa (7/11/2017).

Lebih lanjut, politisi Partai Golkar ini mengatakan bahwa salah satu hal yang harus menjadi fokus perbaikan adalah terkait sarana dan prasarana tempat pembuangan akhir (TPA). Menurutnya, selama ini sarana dan prasarana tersebut selama ini nilainya masih berada dibawah rata-rata angka penilaian Adipura.

Padahal Pemerintah Kota Palangka Raya pada 2016 telah mampu meraih sertifikat adipura. Ternyata hasil tahun 2016 tidak membekas di tahun berikutnya, karena belum mampu membawa Palangka Raya meraih Adipura pada 2017. Maka tahun depan,yaitu tahun 2018, masyarakat Kota Palangka Raya menantikan kembalinya Adipura.

Sebagaimana diketahui, program Adipura bertujuan mendorong pemerintah daerah melakukan penataan serta membangun partisipasi aktif masyarakat dalam mewujudkan kota yang berkelanjutan melalui penerapan pengelolaan lingkungan hidup, juga demi terciptanya lingkungan yang baik dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Agar harapan meraih Adipura di 2018 dapat terwujud, Rusliansyah juga meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) selaku koordinator program adipura agar dapat terus meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait lain untuk bersama-sama dalam upaya meraih piala tersebut.

Harapan Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya ini agar DLH mampu meningkatkan level koordinasi untuk melakukan pembenahan di titik-titik yang menjadi penilaian adipura. Beliau pun meminta masyarakat turut aktif terlibat dalam mensukseskan program pemerintah termasuk upaya untuk meraih piala adipura.

Dalam kesempatan terpisah, Rawang yang menjabat sebagai Kepala DLH Palangka Raya mengatakan bahwa pihaknya juga terus berkoordinasi dengan instansi terkait lain seperti Dinas Pendidikan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Palangka Raya serta pihak lainnya yang masuk pada titik penilaian adipura.

Rawang juga mengatakan bahwa pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah provinsi karena sejumlah wilayah yang menjadi penilaian pengelolaannya merupakan ranah provinsi.