Sepakbola

Inggris Kalahkan Kolombia, Jordan Pickford Patahkan Kritik Tentang Tinggi Badannya

Keterangan gambar: Kiper timnas Inggris Jordan Pickford saat memblok tendangan Carlos Bacca dalam babak adu penalti Inggris vs Kolombia di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

 

SATUMANDAU – Kiper timnas Inggris Jordan Pickford menyebut ukuran bukan hal utama dalam menjaga gawang. Buktinya, dia sanggup jadi pahlawan The Three Lions dengan menyetop salah satu tendangan penalti Kolombia di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Hal ini ia katakan menanggapi komentar penjaga gawang timnas Belgia Thibaut Courtois yang menyebut dirinya “terlalu pendek” untuk bisa menyetop tendangan indah dari Adnan Jauzaj saat Belgia mengalahkan Inggris 1-0 di fase grup.

“Saya sudah melakukan riset. Saya punya kekuatan dan kelincahan. Saya tak peduli kalau saya bukan kiper yang paling besar karena semua ini adalah tentang berada di tempat yang tepat di momen yang tepat membuat penyelamatan, dan itulah saya,” tuturnya, dikutip dari Daily Mail.

Sebelumnya, Inggris mengalahkan Kolombia melalui adu penalti dalam laga di Stadion Spartak, Rabu (4/7) dini hari WIB. Usai skor imbang 1-1 hingga 120 menit laga, Inggris menang 4-3 di babak adu tendangan 12 pas.

Pickford melakukan penyelamatan dalam pertandingan melawan Kolombia.

Pickford melakukan penyelamatan dalam pertandingan melawan Kolombia. (REUTERS/John Sibley)

Pickford (24) sukses memblok tendangan keras Carlos Bacca, sementara tendangan Mateus Uribe membentur mistar gawang. Inggris hanya gagal karena tendangan Jordan Henderson diblok David Ospina. Alhasil, Inggris melaju ke babak perempat final Piala Dunia dengan skor penalti 4-3.

“Ini semua adalah soal mengatur posisi dan saya menepis [bola]-nya,” ujar Pickford, yang sudah memegang enam caps untuk Inggris ini.

Pickford gagal menjangkau bola hasil tendangan pemain timnas Belgia Adnan Januzaj.

Pickford gagal menjangkau bola hasil tendangan pemain timnas Belgia Adnan Januzaj. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)

“Kami tahu kami memenangkan laga ini meski harus sampai adu penalti. Kami tahu kami mampu menang,” kata kiper Everton itu.

Pada laga Inggris vs Belgia di laga terakhir Grup G Piala Dunia, Januzaj mencetak gol melengkung ke pojok kanan gawang Pickford di menit 51. Sang kiper tak mampu menjangkaunya.

Usai laga, Courtois mengklaim bisa menjangkau bola itu jika ia jadi Pickford.

Thibaut Courtois nyaris melakukan blunder saat bermain melawan Jepang.

Thibaut Courtois nyaris melakukan blunder saat bermain melawan Jepang. (REUTERS/Sergio Perez)

“Sang kiper lebeh pendek 10 cm dari saya. Saya bisa menangkap bola itu. Dia terlalu sibuk melemparkan lengannya ke udara,” tutur Courtois.

Berdasarkan data FIFA, Pickford memiliki tinggi 185 cm. Sepanjang penampilannya di empat pertandingan Piala Dunia 2018, ia sudah melakukan tujuh penyelamatan, 55 umpan menengah, dan 40 umpan jauh sukses.

Sementara, Courtois (26) memiliki tinggi 199 cm. Sepanjang Piala Dunia 2018, ia sudah melakukan 9 penyelamatan, 81 operan menengah dan 21 umpan jauh sukses.

Pada babak perempat final, Inggris akan menantang Swedia, sementara Belgia akan diadang Brasil. Duel Pickford vs Courtois dimungkinkan kembali jika kedua tim melaju hingga babak final.

sumber berita