Sepakbola

Indonesia Jamu Thailand di Laga Piala AFF U-19, Pantang Mengalah

SATUMANDAU – Bagi Garuda Nusantara, pertandingan ini hanya menentukan apakah mereka akan finis di peringkat kedua atau pertama di klasemen Grup A. Sementara untuk Thailand, mereka minimal harus bermain seri demi mengamankan posisi di semifinal.

Terlepas masalah gengsi sebagai dua tim terkuat di Asia Tenggara, Indonesia tidak memiliki tendensi apapun di laga ini. Sebab anak asuh Indra Sjafri telah memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2018. Walaupun demikian Indonesia siap tampil serius lawan pasukan muda Thailand.

Saddil Ramdani bakal diistirahatkan saat Timnas U-19 bertemu Thailand. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

 

Jauh-jauh hari sebelumnya, pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri telah menegaskan jika Indonesia tidak akan main mata dengan Thailand. Menurut Indra, walaupun timnya sudah lolos ke semifinal mereka tetap bermain serius lawan Thailand.

“Kami tidak ada cerita mengalah (dari Thailand). Tidak ada istilah lapis kedua. Tetapi kalau rotasi pasti ada,” tegas pelatih asal Lubuk Nyiur, Sumatera Barat itu.

Menurut mantan pelatih Bali United itu, banyak nama yang bakal diistirahatkan di pertandingan ini. Kapten tim Nurhidayat Haji Haris, kiper M. Riyandi, winger Saddil Ramdani dipastikan tak akan bermain.

Nurhidayat dan Riyandi telah bermain dalam empat pertandingan beruntun. Sudah waktunya mereka beristirahat sejenak untuk melemaskan otot. Julyano Pratama Nono dan Aqil Savik telah disiapkan untuk menggantikan kedua pemain ini.

Selain kedua pemain itu, gelandang Syahrian Abimanyu dan wingerWitan Sulaeman kemungkinan juga akan memulai laga dari bangku cadangan. Kedua pemain ini tampak sangat kelelahan saat Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0.

Khusus untuk Saddil, dia harus beristirahat lebih panjang karena masih menjalani terapi untuk memulihkan kondisinya yang sempat cedera. Absennya Saddil diyakini tak akan berdampak besar bagi kekuatan Garuda Nusantara. Sebab Indonesia memiliki komposisi pemain sangat merata.

Di sisi lain, pertandingan lawan Indonesia akan menjadi kali pertama bagi Thailand bermain malam hari di Piala AFF U-19. Walaupun akan terdampak cuaca, mereka yakin bisa mengatasi hal itu.

Menurut head coach Thailand Itshara Sritharo, Indonesia adalah lawan yang tangguh. Indonesia dibekali materi bagus, baik secara individu dan sebagai suatu kesatuan tim. Sritharo mengaku sudah berulang kali menyaksikan laga Indonesia.

“Mungkin atmosfer di stadion akan memberikan dampak ke pemain. Tetapi mereka harus bisa menghadapinya,” tegas Sritharo.

 

Pertemuan Terakhir

08/10/17: Indonesia U19 3-0 Thailand U19
14/09/16: Indonesia U19 2-3 Thailand U19
05/09/14: Indonesia U19 2-6 Thailand U19
16/09/13: Indonesia U19 3-1 Thailand U19
05/01/04 Indonesia U20 1-2 Thailand U20
24/01/02 Indonesia U20 1-3 Thailand U20

Perkiraan Susunan Pemain Indonesia vs Thailand:

Indonesia: 30-Aqil Savik, 2-Kadek Raditya Maheswara, 3-Julyano Pratama Nono, 12-Rifad Marasabessy, 4-Samuel Christianson, 16-Resky Fandi Witriawan, 7-Lutfi Kamal, 24-Todd Ferre, 29-David Rumakiek, 19-Hanis Saghara, 27-Aji Kusuma
Pelatih: Indra Sjafri

Thailand: 1-Nopphon Lakhonphon, 4-Theerapat Laohabut, 5-Prasittichai Perm, 6-Kittitach Praniti, 20-Anusak Jaiphet, 16-Narakorn Noomchansakool, 19-Thirapak Prueangna, 21-Panyawat Nisangram, 9-Matee Sarakum, 12-Korrawit Tasa, 8-Sittichok Paso (c)
Pelatih: Itshara Sritharo

sumber berita