Jalan-Jalan Yuk!

Indonesia dan Zanzibar Tingkatkan Kerja Sama Pariwisata

SATUMANDAU – Wakil Menteri Republik Indonesia A.M. Fachir mengatakan, pemerintah Zanzibar ingin meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata dengan Indonesia. Salah satunya terkait konektivitas penerbangan antara Indonesia dan Tanzania.

Fachir mengatakan, Presiden Zanzibar Ali Mohamed Shein dijadwalkan akan bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Tanzania di Kuala Lumpur, Malaysia. Menurut Fachir, Indonesia siap memberikan pelatihan di bidang pariwisata. Adapun, Presiden Shein akan berkunjung ke Bali untuk keperluan peningkatan capacity building di bidang pariwisata.

Sebelumnya, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla menerima kunjungan kehormatan Presiden Zanzibar Ali Mohamed Shein. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas peningkatan kerja sama di bidang pertanian, perikanan, dan pengembangan sumber daya manusia.

“Jadi bagaimana meningkatkan kerja sama di bidang pertanian, perikanan, juga infrastruktur serta pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan bagi generasi muda, kita menawarkan memberikan beasiswa,” ujar Jusuf Kalla usai pertemuan, Rabu (1/8).

Presiden Zanzibar Ali Mohamed Shein mengatakan, ini merupakan kunjungannya yang ketiga ke Indonesia. Kunjungannya kali ini yakni untuk membahas sejumlah isu dalam meningkatkan hubungan antara kedua belah pihak. Antara lain infrastruktur, kesehatan, turisme, pendidikan, dan penigkatan kerja sama ekonomi.

“Ini merupakan kunjungan penting bagi saya untuk meningkatkan hubungan antar kedua negara,” kata Shein.

Shein berharap, diskusi peningkatan kerja sama dengan Indonesia bisa segera diimplementasikan menjadi sebuah program bersama. Dia mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang dapat mengelola negara dengan baik.

“Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah mengelola negara ini dengan baik, dan kami ingin mengikuti contoh dari yang dilakukan pada negara ini,” ujar Shein.

Dalam kesempatan tersebut, Shein juga mengundang Jusuf Kalla mengunjungi Zanzibar pada Januari 2019. Undangan tersebut terkait perayaan nasional 55 tahun Tanzania dan Zanzibar. Adapun, keesokan harinya Shein akan mengunjungi Bali, untuk melihat pengelolaan turisme di Indonesia.

sumber berita