Kabar Kalimantan

HUT ke-61 Palangka Raya, Walikota Soroti Pentingnya Penataan Sistem Pemerintahan yang Bersih

Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia saat akan memimpin upacara HUT ke-53 Pemko Palangka Raya dan HUT ke-61 Kota Palangka Raya, Balai Kota, Selasa (17/7). (DENAR/KALTENG POS)

 

SATUMANDAU – Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia memaknai HUT ke-53 Pemko Palangka Raya dan HUT ke-61 Kota Palangka Raya sebagai momen renungan. Lantaran, momentum hari lahir ini dinilainya sebagai hari yang tepat untuk mengevaluasi, mengintrospeksi diri maupun juga membuka kembali program-program yang dilakukan Pemko Palangka Raya. Termasuk juga merenungkan perjalanan panjang pemerintah untuk mewujudkan Kota Palangka Raya yang “Cantik” lagi sebagai Kota Pelajar, Wisata dan Jasa.

“HUT Kota Palangka Raya, dapat menjadi sebuah renungan akan pentingnya perjalanan sejarah berdirinya Kota Palangka Raya. Dimana kota ini pasti telah mengalami berbagai tantangan dan masa masa yang sulit,” kata Riban dalam sambutannya selaku inspektur upacara HUT ke-53 Pemko Palangka Raya dan HUT ke-61 Kota Palangka Raya, di Halaman Balai Kota Palangka Raya, Selasa (17/7).

Meskipun sulit, lanjut dia, semuanya pasti bisa diselesaikan. Asalkan diikuti semangat kebersamaan antar pejabat di lingkup Pemko Palangka Raya. Dia juga yakin, ke depannya, pemko akan tetap mampu menyelesaikan segala macam bentuk permasalahan dan tantangan yang ada.

Dia juga berpesan akan pentingnya penataan sistem pemerintahan yang bersih, berwibawa profesional dan akuntabel yang dituangkan dalam suatu konsep good dan clean governance. Dengan bekerja secara profesional dan transparan.

“Apalagi selama dua tahun belakangan laporan keuangan Kota Palangka Raya mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah. Semoga ini bisa terus dipertahankan,” sebut dia.

Upacara peringatan HUT Kota Palangka Raya ini dihadiri oleh kepala SOPD, camat, lurah dan unsur Forkopimda dil ingkup Pemko Palangka Raya. Bahkan hadir pula sejumlah kepala daerah kabupaten di Kalteng. Nampak sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan para mantan wali kota Palangka Raya periode sebelumnya.

Paslon wali kota dan wakil wali kota Palangka Raya yang unggul pada Pilkada Kota Palangka Raya Tahun 2018, Fairid Naparin-Hj Umi Mastikah pun juga nampak hadir di momen penuh hikmat itu. Selain upacara, rangkaian HUT Kota Palangka Raya juga diisi tarian daerah serta ramah tamah.

sumber berita