Kilas Global

HIPMI Bekerjasama Dengan PPI Dunia Tingkatkan Semangat Wirausaha Pelajar Indonesia

SATUMANDAU – Sebagai sebuah organisasi independen non partisan para pengusaha muda Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian, HIPMI senantiasa berupaya untuk ikut serta meningkatkan kemandirian perekonomian bangsa.

Satu hal penting untuk meningkatkan kemandirian perekonomian tersebut adalah dengan meningkatkan animo masyarakat untuk berwirausaha. Karena, dengan melakukan wirausaha, masyarakat dapat mengembangkan potensi pribadi dan potensi ekonomi lokal di sekitarnya.

Hal tersebut yang coba dilakukan oleh HIPMI ketika melakukan kunjungan ke Moskow, Rusia. HIPMI melakukan kerjasama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) disela-sela kegiatan Simposium Internasional PPI Dunia pada tanggal 22-27 Juli 2018 yang diselenggarakan di ibukota negara Rusia.

Sebagai tindak lanjut kesepakatan bersama antara HIPMI dan PPI Dunia, keduanya  bersepakat untuk saling mendukung dalam rangka meningkatkan semangat kewirausahaan para pelajar Indonesia di luar negeri. Kesepakatan tersebut dituangkan dalam bentuk perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh Bahlil Lahadalia, Ketua Umum  HIPMI, dan Pandu Utama Manggala, Koordinator PPI Dunia periode 2017-2018.

Ketua Umum HIPMI dan Koordinator PPI Dunia sedang melakukan penandatanganan kerjasama

Menurut perjanjian kerjasama tersebut, kesepakatan antara HIPMI dan PPI Dunia akan berlangsung selama satu tahun semenjak tanggal penandatanganan antara kedua belah pihak. Dalam pertemuan ini, Ketua Umum HIPMI Bahlil Lahadalia tampak didampingi oleh Bendahara Umum Hipmi, Eka Sastra.

Sebagai kordinator PPI Dunia, Pandu Utama Manggala memimpin ratusan ribu mahasiswa Indonesia yang tersebar di 55 negara. Kerjasama ini memberikan kesempatan untuk saling bersinergi dalam penguatan organisasi, peningkatan semangat wirausaha dikalangan pelajar Indonesia yang tersebar di banyak negara.

Melalui perjanjian tersebut, HIPMI akan memberikan pelatihan online tematik mengenai kewirausahaan kepada para anggota PPI Dunia. HIPMI juga akan memberikan dukungan terhadap berbaga kegiatan PPI Dunia dalam menumbuhkan semangat berwirausaha.

Kerjasama ini juga memungkinkan diseminasi informasi terkait aktivitas maupun program HIPMI di dalam jejaring sosial PPI Dunia. Dalam kanal media sosial, pencantuman logo masing-masing institusi pun diperkenankan selama jangka waktu kerjasama tersebut.

sumber berita