Politik

Hasto Jadi Sekretaris Timses Jokowi-Ma’ruf, Agus Gumiwang Bendahara

SATUMANDAU –  Joko Widodo (Jokowi) belum mengumumkan siapa nama ketua tim pemenangannya di Pilpres 2019. Dia akan memutuskan nama tersebut sepulang dari kunjungan kerja meninjau penanggulangan bencana di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Politikus PDIP yang juga menjabat Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, mengatakan Jokowi telah memutuskan beberapa nama pengurus tim suksesnya, di antaranya untuk poisisi wakil ketua, sekretaris, dan bendahara.

“Jadi sudah diputuskan oleh Pak Jokowi sebagai capres ya, bukan sebagai presiden. Untuk wakil ketua ada nama Pak Lodewijk, yang sekarang menjadi Sekjen Golkar. Kemudian ada wakil ketua yang lainnya. Sedangkan untuk sekretaris adalah Pak Hasto Kristiyanto, bendahara dari Golkar Pak Agus Gumiwang,” kata Pramono saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/8/2018).

Namun, lanjut Pramono, untuk posisi ketua tim sukses belum diputuskan Jokowi. Nama untuk posisi tersebut akan diumumkan sepulang Jokowi dari NTB yang akan berangkat hari ini dan selesai pada Selasa (14/8) besok.

“Untuk ketuanya sendiri, Presiden segera memutuskan setelah kembali dari Lombok. Karena Presiden hari ini berangkat ke Lombok,” katanya.

Beberapa nama memang sudah beredar untuk mengisi jabatan tersebut, di antara ada Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Namun Pramono juga menegaskan usulan itu akan diputuskan sepulang Jokowi dari Lombok.

“Ya, Pak JK memang sempat semua fraksi, semua partai mengusulkan Pak JK sebagai ketua. Tetapi dengan posisi Pak JK yang sekarang ini, apakah nanti sebagai ketua pelaksana atau ketua dewan pengarah, nanti diputuskan oleh Presiden setelah kembali dari Lombok,” katanya.

Selain JK, ada nama Gubernur NTB TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) dan Mahfud Md, yang sebelumnya sempat digadang-gadang menjadi cawapres Jokowi. Pramono mengatakan nama-nama tersebut akan diakomodasi oleh Jokowi.

“Ya nama-nama yang memberikan dukungan kepada Pak Jokowi tentunya nanti diakomodir. Tapi sampai hari ini, nama-nama untuk dewan pengarah, ketua dewan pembina, memang sedang difinalkan,” katanya.

Lantas, bagaimana dengan Pramono Anung sendiri? Apakah bersedia menjadi ketua tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin?

“Saya lebih baik menjadi penghubung, yang mengerjakan dapur,” ucapnya.

sumber berita