Politik

Hasil Survei Tertinggi! Golkar Kaltim Masih Tunggu Sikap Rusmadi

SATUMANDAU Berdasarkan hasil survei menduduki posisi tertinggi, namun Golkar Kaltim masih tunggu sikap Rusmadi. Saat ini, Rusmadi menjabat sebagai Sekretaris Provinsi Kalimantan Timur. Zainuddin mengungkapkan, bahwa untuk kandidat bakal calon gubernur atau bakal calon wakil gubernur non kader Golkar, muncul sosok dengan hasil survei yang cukup signifikan. “Ya, itu Pak Rusmadi. Itu kita tunggu bagaimana sikapnya? Apakah siap atau gimana? Itu kita tunggu sampai jam delapan malam,” demikian ungkapnya.

Pada kesempatan terpisah, Rusmadi Wongso saat dikonfirmasi menyatakan siap. “Kalau saya ditanya siap, ya siap. Tetapi kan saya menghargai dan harus dapat restu dari pimpinan saya,” jawab Rusmdi, pada Selasa (2/1/2018). Sementara, untuk calon dari internal Partai Golkar, Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Kutai Barat Zainuddin mengungkapkan, sampai saat ini suara yang berkembang masih mendukung kader internal Golkar, yakni Makmur HAPK dan Andi Sofyan Hasdam. “Masih dua orang. Pak Makmur dan Pak Sofyan Hasdam,” kata Zainuddin di sela rapat yang berlangsung di Hotel Hayam Wuruk, Jakarta, pada Selasa (2/1/2018).

Selain dua nama dari internal Golkar, muncul satu nama lagi, yaitu Hetifah Sjaifudian. Beliau adalah anggota DPR RI dari dapil Kaltim- Kaltara. Menurut Zainuddin, sosok Hetifah Sjaifudian dipersiapkan sebagai bakal calon wakil gubernur. “Dia memang masuk, tapi untuk wakil (nomor dua),” ucapnya. Lalu bagaimana dengan nama Rahmad Mas’ud? Zainuddin menyatakan tidak ada dukungan terhadap Rahmad. “Kalau itu tidak ada dukungan. Kan cuma Balikpapan saja,” demikian terang Zainuddin.

Sebagaimana diketahui, Partai Golkar Kaltim mengadakan Rapat pleno untuk menentukan pasangan calon yang diusung Partai Golkar diikuti seluruh DPD se Kaltim. Hasil rapat tersebut akan disampaikan ke DPP Partai Golkar. DPP akan membahas usulan pasangan calon tersebut. Jika DPP Partai Golkar setuju, surat rekomendasi untuk pasangan calon akan diserahkan ke KPU Provinsi Kaltim tanggal 5 Januari 2018 pekan ini.

Keputusan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kaltim 2018 yang akan diusung Partai Golkar dibahas dalam rapat pleno penetapan usulan cagub dan cawagub Kaltim periode 2018-2023 yang berlangsung di Jakarta. Menurut Zainuddin hasil rapat akan disampaikan kepada ke Dewan Pengurus Pusat, dan akan terus dikawal sampai keluar SK oleh DPP. [ ### ]