Politik

Hasil Survei LSI, Parpol Dibagi 4 Divisi, Divisi Utama Diisi Golkar dan Dua Partai Besar

SATUMANDAU – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan hanya ada tiga partai yang akan berebut menjadi jawara di Pemilu 2019. Berdasarkan survei terbarunya, LSI membagi hasil elektabilitas partai politik ke dalam 4 divisi.

Pertama, divisi utama yang diisi oleh 3 parpol yakni PDI-P, Golkar dan Gerindra. “Tiga partai ini yang akan berebut menjadi nomor satu,” ujar Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa saat memaparkan hasil survei, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Ardian menuturkan, dalam survei LSI Danny JA, 21,7 persen responden memilih PDI-P, 15,7 persen Golkar, dan 14,7 persen Gerindra. Beberapa hal yang menjadi kunci utama besarnya elektabilitas ketiga partai tersebut yakni PDI-P karena faktor Jokowi, Gerindra karena faktor Prabowo, dan Golkar karena faktor programnya.

Sementara itu, untuk parpol lainnya, elektabilitas tidak mencapai 10 persen. PKB hanya 6,2 persen sementara Demokrat hanya 5,8 persen. Lembaga Survei Indonesia Denny JA ini memuaskan dua partai, yang satu berbasis Islam dan satunya berbasis nasionalis ini ke dalam divisi menengah.

Adapun divisi bawah dihuni oleh PAN 2,5 persen, Nasdem 2,3 persen, Perindo 2,3 persen, PKS 2,2 persen, dan PPP 1,8 persen. Di divisi paling bawah yakni divisi nol koma, ada partai-partai yakni Hanura 0,7 persen, PBB 0,4 persen, Garuda 0,3 persen, PKPI 0,1 persen, dan Berkarya 0,1 persen.

Survei LSI Denny JA dilakukan dengan wawancara tatap muka 1.2000 responden menggunakan kuesioner pada 28 April – 5 Mei 2018. Metode samplingnya yakni multistage random sampling. Sementara itu margin of error plus minus 2,9 persen.

 

sumber berita