Kabar Kalimantan

Harap Patuhi Jadwal Sidang! Tegas Politisi Golkar Sambas

 

Satumandau – Ir H Arifidiar MH, Ketua DPRD Kabupaten Sambas, mengharapkan pelaksanaan sidang paripurna dapat berjalan dengan lancar. Kelancaran proses tersebut meliputi pelaksanakan agenda sidang sesuai jadwal yang telah ditentukan dan disepakati bersama. Beliau menyampaikan hal tersebut saat memimpin Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Sambas.

Agenda sidang paripurna adalah penyampaian Pandangan Umum Fraksi atas tiga Raperda. Sebelum membacakan risalah sidang terkait paripurna, beliau mengingatkan bahwa ada beberapa hal penting yang perlu disampaikan dihadapan undangan peserta paripurna. Terutama kepada kolega-koleganya sesama wakil rakyat, perlu disepakati agar dimulainya rapat paripurna sesuai dengan jadwal.

Beliau mengungkapkan hal ini pada Rabu (8/11) menyikapi molornya jadwal pelaksanaan sidang, yang rencananya dimulai pukul 09.00 WIB menjadi pukul 11.00 WIB. Dalam kesempatan tersebut, politisi Partai Golkar tersebut mengingatkan agar eksekutif tidak ikut-ikutan dengan kondisi yang menimpa Legislatif.

Arifidiar juga mengucapkan banyak berterima kasih kepada rekan-rekan wakil rakyat yang telah memiliki komitmen untuk hadir tepat waktu, termasuk pihak eksekutif. Namun, beliau mengkritisi rekan-rekannya yang masih sering belum tepat waktu, terlebih bila tidak hadir pada paripurna. Beliau mengajak untuk bersama-sama berkomitmen untuk menegakkan disiplin waktu.

Arifidiar berharap agar fenomena molor waktu di legislatif tidak memberikan pengaruh negatif rekan-rekannya di eksekutif. Oleh karena itu, beliau menekankan bahwa disiplin waktu sangat penting dan akan terus diingatkan dari waktu ke waktu.

Dalam rapat paripurna Pandangan Umum atas tiga Raperda. Saat absensi secara fisik, dihadiri 30 Anggota DPRD Kabupaten Sambas, dengan rincian dari Fraksi Golkar hadir 6 orang, PAN hadir 4 orang, PDIP hadir 6 orang, Gerindra hadir 4 orang, Demokrat hadir empat orang, PKS hadir satu orang, PPP hadir satu orang, Nasdem hadir dua orang, dan Hanura hadir dua orang.

Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah SH MH, Sekda Kabupaten Sambas, Drs H Uray Tajudin MSi hadir dalam rapat  paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Ir H Arifidiar MH, didampingi Wakil Ketua Misni Safari, H Abu Bakar, dan Uray Guntur.

Jadwal paripurna adalah membahas tentang Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD terkait tiga Raperda, diantaranya Raperda APBD TA 2018, Raperda tentang perubahan atas peraturan daerah kabupaten sambas nomor 6 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Raperda tentang perangkat desa.

Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah memberikan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan Ketua DPRD Kabupaten Sambas dengan mengimbau para wakil rakyat agar tepat waktu dalam jadwal-jadwal paripurna. Hal serupa pun diungkapkan Hairiah, bahwa beliau meminta pejabat dilingkungan Pemkab Sambas berkomitmen tertib dalam menjalin komunikasi dengan pihak legislatif. [ ]