Kabar Kalimantan

Golkar Upayakan Peningkatan Hasil Petani Kutim

SATUMANDAU Partai Golkar mengupayakan peningkatan hasil panen petani di Kabupaten Kutim. Kadir, politisi Partai Golkar, akan memberikan usulan kepada pemkab Kutim. Beliau akan usulkan pengadaan hand tractor untuk kelompok tani di wilayah kecamatan Sangatta Selatan pada tahun 2018.

Usulan tersebut menurut Kadir, bukan sekedar basa-basi. Beliau mendapatkan ide tersebut berdasarkan aspirasi masyarakat. Anggota fraksi Partai Golkar DPRD Kutai Timur (Kutim) ini menangkap aspirasi tersebut saat melakukan kunjungan reses. Saat melalukan reses didapil III pada sekitar akhir Oktober 2017 lalu beliau menemui kelompok tani. Kelompok tani tersebut meminta bantuan pengadaaan Hand tractor untuk meningkatkan hasil panen mereka.

Permintaan mengenai Hand tractor ini khususnya dari para petani sawah yang berada di KM 1 dan 3 Kecamatan Sangatta Selatan. Kelompok tani tersebut selama ini mengharapkan pemerintah dapat memberikan bantuan hand tractor. Dengan demikian, hasil tanaman padi di daerah tersebut dapat mengalami peningkatan hasil panen.

Untuk tahun 2018, Kadir akan mengupayakan pengadaan hand tractor tersebut.Khususnya bagi sejumlah kelompok tani di Sangatta Selatan dan Teluk Pandan. Kadir berharap agar usulan pengadaan ini dapat disetujui oleh Pemkab Kutim khususnya dinas pertanian Kutim.

Saat ini, tim sedang melakukan survei dan pendataan tentang berapa banyak jumlah hand tractor yang dibutuhkan. Melalui survei tersebut akan dapat diketahui jumlah petani yang layak memperoleh bantuan tersebut.

Waktu pendataan tersebut, menurut perkiraan kadir mungkin berkisar 3 hari sapai satu minggu. Setelah selesai survei dan pendataan, baru selanjutnya akan dimasukkan ke dalam usulan pengadaan barang ke Bappeda Kutim. [ ### ]