Kabar Kalimantan

Golkar Kotim Ingatkan Kades Banyak Tugas Dan Tantangan

SATUMANDAU  Legislator Golkar Kotim ingatkan para Kades tentang banyaknya tugas dan tantangan membangun desa serta bersama-sama membangun Kotawaringin Timur (Kotim).

Hal ini diungkapkan oleh Sinar Kamala. Anggota Komisi I DPRD Kotim Sinar Kamala meminta kepada para Kepala Desa (Kades) yang baru dilantik agar tidak terlena dengan euforia atau perayaan yang berlebihan. Sinar Kamala mengingatkan para Kades terpilih bahwa mereka memiliki tugas berat ke depannya.

Pada Senin (11/12/2017), sebanyak 77 Kepala Desa (Kades) yang dipilih secara serentak oleh masyarakat resmi dilantik oleh Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) H Supian Hadi, Pasca acara pelantikan, berbagai saran dan masukan dari kalangan wakil rakyat di DPRD Kotim datang menghampiri para pemimpin baru tersebut. Harapannya, para pemimpin di tingkat desa. Ini tidak terjebak dengan euphoria.

Setelah dilantik para kades jangan berbangga dengan jabatannya. Sudah banyak tugas dan tantangan menanti di depan.  Yaitu bagaimana para Kades membangun desa melalui pengelolaan dana desa maupun alokasi dana desa yang diberikan. Dengan demikian, para Kades dapat memajukan desa-desa di penjuru Kotawaringin Timur.

Sinar Kamala pada kesempatan terpisah, Selasa (12/12/2017)  mengatakan agar para Kades terpilih tersebut melayani masyarakat. Para Kades harus mampu merasakan hal-hal yang menjadi harapan masyarakat. Mereka telah mempercayakan dan memilih para Kades tersebut untuk memimpin pemerintahan desa. Bila para Kades tersebut mampu merasakan dan meresap aspirasi masyarakat, harapannya, kepemimpinan mereka akan  sesuai harapan.

Politisi Partai Golkar ini juga menambahkan, agar para Kades tidak melihat besaran dana, serta menghindari kepentingan pribadi. Apabila para kades hanya melihat orientasinya besarnya dana desa yang akan dikelola untuk dimanfaatkan secara pribadi, hal tersebut akan menjerumuskan mereka sendiri.

Untuk mengingatkan, pengelolaan dana desa sudah diatur dan mendapatkan pengawasan ketat dari berbagai pihak berwenang, yaitu para aparat penegak hukum . Dengan demikian agar para Kades ini selalu waspada dan jeli untuk menghindari segala bentuk kesalahan dan penyelewengan. Dengan demikian dapat menghindari terjadinya tindak pidana korupsi.

Saat ini masyarakat sudah cerdas, sangat wajar mereka menginginkan pembangunan yang selalu meningkat setiap tahunnya, maju tidaknya desa tersebut tergantung dari kadesnya, kalau orientasinya untuk membangun, maka desa akan maju. Desa akan maju dengan kehadiran para Kades yang baru dilantik tersebut. Pembangunan pun akan berjalan sesuai visi dan misi yang dijanjikan.

[ ### ]