Kabar Kalimantan

Golkar Kotim Dorong Pengembangan Perencanaan dan Penganggaran Berbasis Kinerja

SATUMANDAU Golkar Kotim dorong pengembangan perencanaan dan penganggaran berbasis kinerja pada penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kabupaten Kotim.

Sinar Kemala menyebutkan bahwa indikator keberhasilan pemerintah daerah setiap tahunnya bukan sejauh mana kemampuan penyerapan anggaran. Yang jauh lebih penting adalah sejauh mana program itu bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Ketua Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) ini mengatakan bahwa parameter keberhasilan program yang dilaksanakan dapat diimplemensasikan secara nyata dan kualitas pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Fraksi Partai Golkar berpendapat untuk mendukung anggaran secara efektif maka pemerintah daerah perlu mengembangkan dan memaksimalkan perencanaan serta penganggaran berbasis kinerja. Tujuan utama dilakukannya ini adalah untuk mengubah paradigma tradisional yang berfokus pada penganggaran uang menjadi kinerja yang menitik beratkan pada perencanaan kegiatan.

Hal ini untuk menyikapi kondisi yang terjadi saat ini. Dengan kondisi keuangan daerah yang sangat kurang kuncinya adalah penggunaan anggaran yang efektif dan efisien. Ditegaskan oleh Sinar Kemala, bahwa orientasi anggaran selama ini hanya sekadar terserap dengan mengesampingkan kualitas. Penggunaan anggaran seperti itu adalah paradigma lama.

Sebagaimana diketahui, komposisi APBD Kotim Tahun 2018 yang baru disahkan yakni pendapatan sebesar Rp1,70 triliun terdiri dari pendapatan Rp234 miliar, dana perimbangan Rp1,12 triliun pendapatan lain-lain Rp338,5 miliar. Sedangkan belanja tidak langsung Rp842,7 miliar,  belanja langsung Rp 931 miliar dan defisit anggaran sekitar RP72,6 miliar atau 4,27 persen.

Serapan anggaran yang bagus tapi dalam tataran penggunaannya tidak sesuai dengan harapan, misalnya saja dalam pengerjaan kegiatan itu kualitasnya asal-asalan. Hal tersebut adalah kesia-siaan saja, hanya buang-buang uang negara. [ ### ]