Kabar Kalimantan

Golkar Kapuas Harap Tugu Adipura Jadi Pengingat Warga Selalu Jaga Kebersihan

SATUMANDAU Golkar Kabupaten Kapuas harap keberadaan tugu adipura di kota tersebut dapat menjadi pengingat warga untuk selalu semangat menjaga kebersihan lingkungannya. Harapan tersebut mencuat saat Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua DPRD Algrin Gasan melakukan penandatanganan sebagai tanda peresmian tugu adipura di persimpangan Kota Kuala Kapuas, ibukota Kabupaten Kapuas, pada Sabtu (6/1/2018).

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2017 Kabupaten Kapuas mendapat Piala Adipura. Penyerahan adipura dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat. Tidak lama, tepat di bulan awal tahun 2018 ini, Bupati Kapuas meresmikan secara langsung Tugu Adipura. Lokasi tugu tersebut berada di persimpangan jalan, pertemuan tiga jalan, yaitu Jalan Tambun Bungai, Jalan Tjilik Riwut, dan Jalan Pemuda Kota Kuala Kapuas.

Acara peresmian tugu adipura ditandai dengan prosesi penandatanganan prasasti dan pengguntingan pembukaan selubung tugu adipura, yang dilakukan langsung oleh Bupati Kapuas. Acara tersebut juga dihadiri oleh pejabat-pejabat penting di jajaran pemerintahan kabupaten, juga DPRD Kabupaten Kapuas.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas Algrin Gasan mengharapkan dengan keberadaan tugu adipura yang baru diresmikan tersebut, dapat menjadi penyemangat warga di wilayah tersebut untuk senantiasa menjaga kebersihan. “Kita mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Kapuas, juga Bupati Kapuas dengan diraihnya piala adipura di tahun 2017 lalu. Dengan berdirinya tugu adipura ini, kita harapkan akan mengingatkan, dan memotivasi serta penyemangat kita dalam menjaga kebersihan supaya Kapuas tetap aman, rapi, dan tertib,’’ ungkapnya.

Algrin Gasan yang juga politisi dari Partai Golkar ini mengatakan akan selalu mendukung upaya mempertahankan adipura. Terkait anggaran dalam mempertahankan piala adipura, pihaknya dari DPRD Kapuas akan selalu mendukung. “Kita siap mendukung dari anggaran. Sehingga, piala adipura dapat dipertahankan,’’ ujar politisi asal Partai Golkar tersebut.

Legislator Golkar Kapuas ini menambahkan, bahwa dalam meraih piala adipura tidak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah saja, melainkan juga dilakukan oleh masyarakat. “Saya imbau masyarakat, mari bersama-sama meningkatkan menjaga kebersihan, dimulai dari lingkungan sendiri, dari rumah tangga, dari RT, kelurahan, hingga kecamatan. Itu modal dasarnya, sehingga ada pola budaya kebersihan dari masing masyarakat Kabupaten Kapuas,’’ ujar wakil rakyat asal daerah pemilihan (dapil) III itu menjelaskan. Dengan demikian, harapannya masyarakat dapat terus menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan untuk mempertahankan adipura yang telah diperoleh oleh Kapuas.  [ ### ]