Politik

Golkar Kaltim Segera Tentukan Waktu Musdalub

SATUMANDAUSepertinya, Golkar Kaltim akan segera mendapatkan waktu yang pasti untuk mengadakan musdalub. Selama ini, waktu pelaksanaan tersebut masih menjadi teki teki. Namun, menurut rencana pelaksanaan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) DPD Golkar Kaltim akan segera diputuskan waktu pelaksanaannya pada rapat seluruh pengurus DPD tingkat kabupaten dan kota wilayah Kalimantan Timur, pada Senin (5/3/2018).

Hal tersebut mengemuka setelah ditunjuknya Muchtarudin sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Partai Golkar Kaltim yang baru oleh pengurus DPP Golkar. Sebelumnya, jabatan tersebut dipegang oleh Andi Sofyan Hasdam, namun jabatan tersebut telah dilepasnya demi berkonsentrasi memenangkan Pilgub Kaltim bersama Rizal Effendi. Selanjutnya, jabatan Plt Ketua DPD Golkar Kaltim diserahkan kepada Wakil Koordinator Bidang (Korbid) Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa dan Kalimantan, DPP Golkar, Muchtarudin.

Hetifah Sjaifudian menyampaikan langsung informasi tersebut pada Minggu (4/3/2018). “Besok (hari ini, Red.) kami akan membuat satu pertemuan, karena sekarang ada pergantian Plt Ketua Golkar Kaltim. Dirapat itu sekaligus akan dirumuskan rencana pelaksanaan Musdalub Golkar untuk memilih kepemimpinan baru yang definitif menggantikan ibu Rita,” demikian ungkap Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan DPP Partai Golkar.

Sosok Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) ini mengatakan bahwa pergantian jabatan Plt didasarkan atas beberapa pertimbangan. Antara lain, untuk merumuskan segera Musdalub Golkar Kaltim, dan memudahkan kinerja Sofyan Hasdam sebagai calon gubernur dalam memenangkan Pilgub Kaltim 2018. “Plt Ketua itukan, tugasnya menghantarkan teman-teman Golkar Kaltim untuk bisa memilih kepemimpinan baru yang definitif. Nah, kami ingin pak Sofyan bisa fokus dalam memenangkan pilgub,” katanya.

Menurut sosok politisi perempuan Partai Golkar ini, pada Senin (5/3/2018) ini akan ada keputusan  terkait waktu pelaksanaan musdalub, tempat serta mekanisme pelaksanaannya. “Mudah-mudahan besok (hari ini) sudah ada kesepakatan,” demikian harap Hetifah.

Legislator Partai Golkar yang duduk sebagai anggota DPR RI Komisi II Bidang Pemerintahan ini mengatakan bahwa perihal penunjukan Plt yang baru dan rencana pelaksanaan musdalub, pada dasarnya sudah cukup tepat dan sesuai dengan kebutuhan Golkar Kaltim saat ini. “Plt Ketua, pak Muchtarudin akan membantu mengurus dan menata masalah organisasi dan persiapan pemilihan legislatif (pileg). Pada musdalub akan dibuka penjaringan untuk ketua baru. Siapa pun kader partai bisa mencalonkan diri sebagai ketua,” demikian jelas Hetifah.

Menurut Hetifah, pelaksanaan Musdalub Golkar Kaltim sebaiknya dilaksanakan sebelum pilgub, karena akan menggerakkan mesin partai untuk memenangkan Pilgub Kaltim. “Tapi saya pikir secepatnya lah. Kalau bisa lebih cepat, kan bisa menggerakan mesin partai untuk memenangkan Pilgub Kaltim,” demikian ujar legislator Partai Golkar ini.

Para peserta rapat ini akan menentukan pelaksanaan musdalub, antara lain para pengurus DPD Partai Golkar di tingkat kabupaten dan kota, perwakilan organisasi yang didirikan dan mendirikan partai, seperti KPPG, AMPG, Al Hidayah, HWK, Kosgoro, MKGM, dan AMPI.  “Mereka juga yang nanti akan memilih siapa ketua DPD Golkar Kaltim yang baru. Makanya, besok kita sama-sama tunggu saja apa hasil rapatnya,” demikian jelas Hetifah menjelaskan para peserta rapat tersebut. [ $$$ ]