Kabar Kalimantan

Golkar Harap Konsumsi Ikan di HSU Terus Meningkat

SATUMANDAU Partai Golkar harap agar konsumsi ikan di HSU terus meningkat. Saat ini, konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menempati peringkat ketiga untuk Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Jumlah konsumsi ikan yang dilahap oleh masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mencapai  50 kilogram per kapita per tahun. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Muhammad Suriani mengatakan hal ini cukup menggembirakan.

Gerakan gemar makan ikan, atau Gemarikan akan terus digalakkan oleh segenap apparat kabupaten. Upaya lain untuk menambah stok ikan adalah dengan meningkatkan produksi ikan dan memberantas pencurian ikan oleh nelayan-nelayan asing. Sosialisasi Gemarikan juga dilaksanakan kepada para pelajar SDN Desa Palanjungan Sari Kecamatan Banjang dengan mengajak mereka makan bersama bakso yang terbuat dari daging ikan.

Bertepatan dengan Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke 4 tahun 2017, Suriani memiliki target yang ingin dicapai. Beliau mengatakan bahwa Dinas Perikanan bertekad meningkatkan produksi dan konsumsi ikan di kalangan masyarakat Kabupaten HSU. Hal ini penting untuk meningkatkan gizi masyarakat HSU. Sebagaimana diketahui, mengkonsumsi ikan besar manfaatnya bagi kesehatan dan kecerdasan.

Efek lainnya secara ekonomi, peningkatan produksi perikanan akan meningkatkan pula kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini khususnya para petani nelayan. Sektor perikanan sangat tepat dikembangkan di Wilayah Kabupaten HSU karena hampir 90 persen wilayahnya terdiri atas perairan rawa.

Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si. sebagai Bupati HSU mengharapkan agar produksi bisa terus dikembangkan. Peningkatan produksi ikan juga termasuk peningkatan kualitas dan jumlah benihnya di Kecamatan Banjang. Di kecamatan tersebut terdapat Balai Benih Ikan, tempat pembenihan dan produksi benih ikan.

Abdul Wahid menghimbau para orang tua untuk membudayakan makan ikan di tengah keluarga. Hal ini sangat baik, terutama bagi anak-anak karena bisa meningkatkan kesehatan dan kecerdasan.

Ketua DPD Partai Golkar HSU ini juga meminta Dinas Perikanan khususnya dapat memasyarakatkan slogan MANTAP. Slogan tersebut adalah visi Bupati dan wakil bupati HSU dalam membangun Kabupaten HSU. Slogan MANTAP memiliki tujuannya agar jajaran perikanan, petani nelayan termotivasi dalam meningkatkan kegiatan perikanan sehingga lebih maju, mandiri,  produktif, sejahtera dan agamis.

Peringatan Harkanas ke 4 di Balai Benih Ikan (BBI) Kecamatan Banjang berlangsung meriah. Pada kesempatan ini diserahkan secara simbolis hibah sarana dan prasarana perikanan kepada sejumlah kelompok tani nelayan. Bupati dan rombongan meninjau pameran produk olahan perikanan berupa aneka pangan berbahan ikan yang bisa dijadikan menu hidangan keluarga dalam rangka memasyarakatkan gemar makan ikan.

Politisi Golkar ini mengatakan kepada Dinas Perikanan agar kegiatan memasyarakatkan produk pangan olahan terus dilanjutkan. Dengan demikian lebih banyak masyarakat bisa mencontoh cara mengolah produk pangan ikan dan untuk dijadikan usaha masyarakat.

[ ### ]