Kabar Kalimantan

Golkar Gumas Soroti Pernikahan Dini, Minta Orang Tua Lebih Proaktif

SATUMANDAU Politisi Partai Golkar Gunung Mas (Gumas) soroti pernikahan dini pada anak, dan meminta para orang tua untuk lebih proaktif untuk melakukan pencegahan terhadap hal tersebut. Hal tersebut diungkapkan oleh Punding S Merang. Dirinya mengingatkan masyarakat dan para orang tua untuk proaktif memperhatikan usia pernikahan anak. Menurutnya, pernikahan usia dini berdampak kurang baik, baik terhadap pelaku maupun terhadap pernikahan itu sendiri.

Politisi Partai Golkar ini menunjuk pada angka pernikahan dini di Kabupaten gunung Mas yang tinggi. “Memang di daerah ini angka perkimpoian usia dini masih tinggi. Hal itu yang harus menjadi perhatian serius kita semua,”demikian kata Punding S Merang pada Senin (15/1/2018). Wakil Ketua DPRD Gunung Mas (Gumas) mengatakan bahwa tingginya angka tersebut adalah masalah serius, dan harus menjadi perhatian bersama agar tidak menimbulkan masalah-masalah sosial di kemudian hari.

Legislator Partai Golkar ini mengungkapkan bahwa sebenarnya  Pemerintah Kabupaten Gunung Mas telah mengusulkan rancangan peraturan daerah terkait pencegahan pernikahan usia dini. Raperda tersebut telah dibahas oleh DPRD Kabupaten Gunung Mas. Punding S Merang mengharapkan agar dalam waktu yang tidak terlalu lama pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) tersebut bisa diselesaikan, agar dapat segera disahkan oleh legislatif.

Punding S Merang menegaskan bahwa pemerintah sangat serius melakukan pencegahan terhadap pernikahan usia dini, karena dampak negatif yang ditimbulkannya. “Pemerintah juga sangat serius untuk melakukan pencegahan pernikahan usia dini,” tegas Punding S Merang. Dirinya mengharapkan agar pernikahan usia dini akan terus berkurang. “Kita harapkan ke depan pernikahan usia dini di daerah ini terus berkurang,” demikian harapnya.

Pernikahan usia dini memiliki dampak negatif yang rawan menimbulkan masalah sosial, seperti misalnya rawan kemiskinan, karena pasangan tidak cukup bekal, sehingga tidak siap mencari nafkah untuk saling menghidupi keluarga. Dampak lainnya adalah terhadap kesehatan ibu dan anak Perlu dilakukan upaya serius untuk mencegah pernikahan usia dini. {***}