Nusantara

Golkar Bahas Ketua DPR, Mahyudin : Kemungkinan Bambang Soesatyo Ketua DPR

SATUMANDAU Partai Golkar masih membahas tentang sosok yang akan menduduki jabatan Ketua DPR RI menggantikan Setya Novanto. Mahyudin mengatakan bahwa kemungkinan besar Bambang Soesatyo akan mengisi jabatan Ketua DPR RI tersebut.

Mahyudin yang menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar mengatakan bahwa pembahasan partainya tentang sosok Ketua DPR yang hingga saat ini masih kosong dari Fraksi Partai Golkar (F-PG) telah mengerucut ke satu nama. Nama tersebut yaitu Bambang Soesatyo, atau Bamsoet, nama populer beliau di kalangan masyarakat.

Saat ini Bambang Soesatyo menduduki jabatan sebagai Ketua Komisi III DPR, Menurut Mahyudin,  nama Bambang Soesatyo muncul setelah mengerucut dari beberapa nama yang masih menjadi wacana. Sebelumnya muncul tiga kandidat dari Partai Golkar, yaitu Azis Syamsuddin, Agus Gumiwang, serta Bambang Soesatyo.

Mahyudin pada Jumat (12/1/2018) pun mengakui bahwa Bambang Soesatyo kemungkina besar akan menduduki jabatan Ketua DPR RI. “Memang nama yang ada dari Partai Golkar sendiri memang Pak Bambang Soesatyo yang mungkin akan menduduki jabatan tersebut. Ya, kami memang mengakui Pak Bambang,” demikian menurut pengakuan Mahyudin.

Sebelumnya, menurut Mahyudin, sudah terjadi pembahasan antara Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie dan juga dengan senior partai lainnya. Semua sudah menyepakati nama Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR.

Menurut pengakuan Mahyudin, pada rapat hari Kamis (11/1/2018)  nama Bambang Soesatyo memang belum disampaikan. Sebagai catatan, rapat pleno yang berlangsung pada Kamis (11/1/2018) bertempat di Ruang KK I Komplek Parlemen Senayan. Pasalnya Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto ingin menyampaikan hal tersebut di pleno meskipun di dalam aturan tidak diharuskan melalui pleno. “Bisa jadi juga kalau ketua umum itu pasti ingin meng-announce dengan internal partai dulu dari rapat pleno,” kata Mahyudin, Jumat (12/1).

Hanya saja, ,menurut Mahyudin, nama Bambang Soesatyo memang belum diumumkan secara resmi oleh Ketua Umum dan belum pula dikirimkan melalui surat resmi ke Pimpinan DPR sebab masih akan disosialisasikan di internal Partai Golkar. Sosok yang juga menjabat sebagai Wakil ketua MPR ini pun tidak dapat memastikan kapan nama pengganti Setya Novanto akan diserahkan ke pimpinan DPR. Pasalnya hingga saat ini belum ada arahan dari Airlangga kapan nama tersebut akan diserahkan ke pimpinan DPR. “Bisa jadi penunjukkan itu setelah UU MD3 yang baru selesai,” demikian Mahyudin menambahkan.

Mahyudin sendiri mengakui sudah mengetahui nama tersebut sejak sebelum Munas. Hanya saja dia tidak ingin mendahului kebijakan dari ketua umum. Menurutnya, hingga saat ini tidak ada penolakan yang muncul terkait nama Bambang Soesatyo yang rencananya akan ditunjuk sebagai Ketua baru.  [ ### ]