Kabar Kalimantan

Gelar Pelatihan, Pemkab Tanah Bumbu Tingkatkan Koperasi dan Usaha Mikro

SATUMANDAU Pemkab Tanbu melalui Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop dan UM) menggelar Pelatihan Manajemen Akuntansi Koperasi di Sekretariat TP-PKK Tanah Bumbu, Selasa (27/3). “Pelatihan Manajemen Akuntansi Koperasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM pengurus/pengelola koperasi agar lebih memahami dan dapat mengaplikasikan standar manajemen akuntansi pada koperasi yang dikelolanya,” jelas Kasi Pemberdayaan dan Perlindungan Koperasi, Indra A Marganata.

Menurut Indra, dalam hal pengelolaan manajemen akuntansi, koperasi di Tanah Bumbu dalam hal laporan keuangan masih belum standar SAK ETAP atau Sistem Akuntansi Koperasi Entitas Tanpa Akuntan Publik. Ditambahkannya, perkembangan koperasi sampai saat ini berjumlah 310 buah koperasi, dan 50 persen lebih koperasi yang laporannya belum standar koperasi karena terkendala SDM pengurus dan pengelola yang belum mengetahui dalam mengelola administrasi koperasi sesuai standar yang berlaku.


“Melihat fakta yang ada ini, maka pemerintah daerah melalui Disnakertranskop dan UM mengadakan pelatihan manajemen akuntansi koperasi untuk meningkatkan kualitas SDM pengurus agar dapat melaksanakan administrasi sesuai standar yang berlaku,” papar Indra. Pemerintah berharap melalui kegiatan yang digelar ini, peserta pelatihan dapat menyerap hasil yang diperoleh secara maksimal untuk dapat diterapkan di koperasinya masing-masing.


Adapun peserta pelatihan manajemen akuntansi koperasi diikuti sebanyak 30 pengurus dan pengelola koperasi. Sedangkan nara sumber kegiatan didatangkan langsung dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan.
Pelatihan dibuka langsung oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Avian Noor dan dihadiri pula Kepala Disnakertranskop dan UM Tanbu Suhartoyo.

 

sumber berita