Kabar Kalimantan

Fraksi Golkar DPRD Bontang Sidak Penyalahgunaan Lahan

SATUMANDAU Fraksi Golkar DPRD Bontang menindaklanjuti laporan masyarakat dengan melakukan sidak terkait laporan penyalahgunaan lahan. Sidak dilakukan oleh Fraksi Golkar bersama Komisi III DPRD Bontang di kawasan pelabuhan loktuan, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, pada Senin (11/12/2017).

Sebelumnya, DPRD menerima laporan keluhan masyarakat tentang penyalahgunaan lahan di Bontang. Maka untuk menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya pengunaan kembali lahan yang sudah dibebaskan oleh Pemkot, Komisi III DPRD Kota Bontang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kawasan Pelabuhan Lok Tuan, Bontang, Senin, 11 Desember 2017.

Inspeksi mendadak dipimpin langsung Ketua Komisi III DPRD, Rustam, bersama Suhut Harianto, Sulhan, Rusli, Ridwan dan Agus Suhadi. Dalam rombongan sidak juga nampak Satuan Polisi Pamong Praja, perwakilan Kantor Lurah Lok Tuan, Kepala Dinas Perhubungan, Sukardi, Babinsa, hingga Polsek Bontang Utara.

Menurut Rustam lahan tersebut sudah dibebaskan oleh Pemkot. Oleh karena itu sudah tidak boleh berdiri bangunan tanpa seizin pemerintah. Sebanyak 19 rumah yang sudah dibebaskan Pemkot itu rencananya untuk perluasan lahan pengembangan Pelabuhan Lok Tuan. Proyek tersebut untuk menjadi pelabuhan peti kemas. Namun, masih ada aktivitas jualan di lahan milik Pemkot. Di lokasi itu, rumah yang sudah dibebaskan berdiri bangunan rumah terdiri dari sekat untuk berjualan.

Sosok politisi Golkar ini pun meminta pihak terkait untuk membongkar secara persuasif tanpa ada kecemburuan antarwarga. Harapannya, agar masalah penyalahgunaan lahan tersebut cepat selesai. Partai Golkar mendorong proses pembangunan tanpa menyingkirkan partisipasi masyarakat, dengan demikian masyarakat dapat turut merasakan hasilnya. [ ### ]