Politik

Fokus Program Pemerintah, Golkar Pastikan Tiga Menterinya Tidak Maju Jadi Caleg

SATUMANDAU – Bila sejumlah partai memutuskan menarik kadernya yang ada duduk di kabinet untuk nyaleg, maka berbeda dengan Partai Golkar. Sekretaris Partai Golkar Lodewijk Freidrich mengatakan, tidak ada satu pun menteri yang berasal dari partai berlambang beringin itu mendaftarkan diri jadi caleg 2019.

“Dari data yang ada kebetulan ada Menteri Perindustrian, Menteri Sosial dan juga ada kader kami Menko Kemaritiman, tiga-tiganya tak mencalonkan diri,” ujarnya di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Saat ini, kader Partai Golkar yang ada menjabat sebagai menteri ada tiga orang. Mereka adalah Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Sosial Idrus Marham, dan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan.

Lodewijk mengatakan, keputusan tiga menteri Golkar tidak ikut menjadi caleg bukan tanpa alasan. Menurut dia, hal itu dilakukan untuk kepentingan pemerintah. “Jadi menteri dari kami fokus untuk membantu Presiden menyelesaikan tugasnya sampai 2019,” kata dia.

Sebelumnya, sejumlah partai mengumumkan kadernya di kabinet daftar nyaleg. Bahkan salah satunya yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), mengusung semua menterinya di kabinet sebagai calon anggota DPR periode 2019-2024.

“Ada tiga menteri yang mencalonkan diri dan dicalonkan oleh partai,” kata Sekjen PKB Abdul Kadir Karding saat mendaftarkan caleg PKB ke Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Selasa (17/7/2018) malam. Ketiga menteri tersebut, yakni Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi serta Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo.

sumber berita