Kabar Kalimantan

Dukung! Golkar Banjarbaru Ajak Tanamkan Sopan Santun Pada Pelajar

SATUMANDAU Ayo kita dukung politisi Golkar Banjarbaru yang ajak tanamkan sopan santun kepada para pelajar. Hal ini berawal dari pengamatan sosok politisi pada perilaku para pelajar yang jauh dari kata sopan santun. Perilaku pelajar saat ini, menurut Ketua Komisi I DPRD Banjarbaru Iriansyah Ganie sangat jauh berbeda dengan anak zaman dulu, ketika dirinya masih mengenyam pendidikan di Sekolah Rakyat (SR).

Politisi Partai Golkar ini menuturkan bahwa pada jaman sekarang, perilkau sopan santun murid kepada guru sudah jauh berkurang. Sehingga, acapkali terdengar kabar ada seorang murid yang melawan saat guru memberikan nasihat kepada anak murid tersebut. “Dulu anak-anak sangat takut dengan guru, dipukul pun tak berani melawan,” ujarnya. “Dulu penerapannya malah dilakukan dengan keras. Kalau kuku panjang, guru tak segan memukul tangan kita pakai rotan,” kata Iriansyah.

Melihat terkikisnya nilai-nilai sopan santun tersebut, Iriansyah Ganie tergerak untuk menanamkan sopan santun ke para murid. Menurutnya nilai-nilai tentang sopan santun itu perlu diterapkan dalam pendidikan berkarakter. Dengan demikian, dalam bersekolah tidak hanya diajarkan tentang pelajaran tapi juga diisi dengan materi akhlak dan sopan santun. “Karakter anak-anak perlu dibentuk sejak dini,” demikian ungkap Iriansyah Ganie.

Penerapan nilai-nilai sopan santun dalam pendidikan karakter juga harus sejalan dengan pendidikan  akhlak dan agama. Pendidikan akhlak sendiri sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu, namun seiring berjalannya waktu nilai-nilai tersebut semakin luntur. Jaman sekarang telah jauh berubah. Guru tidak bisa lagi mengajari muridnya dengan kekerasan, jadi para guru dan pendidik harus bisa menanamkan akhlak dengan metode yang baik. Tambahan lagi yang tidak kalah penting selain akhlak, pendidikan berkarakter juga perlu diisi dan dukung dengan peningkatan rasa cinta tanah air dan lingkungan. Dengan demikian semaakin tertanam rasa cinta NKRI di dalam dada pelajar.  [ ### ]