Kilas Global

Duh! Rp286 Triliun Ludes Dalam Dua Jam, Kekayaan Mark Zuckerberg Anjlok

SATUMANDAU – Kekayaan bersih Mark Zuckerberg jatuh hampir mencapai US$20 miliar dalam waktu kurang dari dua jam pada Rabu 25 Juli 2018. Kekayaan itu jatuh karena saham Facebook terpukul dalam perdagangan setelah jam kerja.

Dikutip dari Forbes, pada Jumat 27 Juli 2018, saham Facebook awal jatuh sekitar 16 persen pada Rabu pukul 05.30 waktu AS. Namun, berlanjut pukul 05.48 waktu AS. Sehingga kekayaan bersih turun menjadi US$63,6 miliar.

Zuckerberg sendiri adalah masih menjadi orang terkaya keempat di dunia pada Rabu itu, tetapi kekayaan bersihnya yang jatuh sore itu membuatnya turun ke peringkat ke delapan, menurut Forbes Real-Time Rankings.

Diketahui, saham Facebook jatuh di tengah laporan laba kuartal kedua tahun ini dan ekspektasi analis bahwa pertumbuhan akan meningkat seiring naiknya pengguna aktif harian di Amerika Utara dan Eropa.

Jejaring sosial pun diakui telah melewati beberapa bulan yang sulit akibat terungkapnya data Cambridge Analytica secara tidak benar, terkait informasi 80 juta pengguna Facebook.

Akibat situasi tersebut, Mark Zuckerberg sempat dipanggil oleh parlemen AS untuk menjelaskan situasi yang terjadi sebenarnya.

Hilangnya kekayaan bos Facebook ini, bukan yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, usai terungkapkan kasus penjualan data, kekayaan Mark Zuckerberg sempat hilang Rp 121 triliun pada Maret 2018.

sumber berita