Sepakbola

Dua Gol Adi dan Evans Bawa Barito Putera ke Puncak Klasemen Liga 1

SATUMANDAU – Terima kasih Adi Setiawan. Berkat gol pemain pengganti ini, Barito Putera kembali ke posisi teratas klasemen sementara Liga 1. Barito Putera bermain imbang 2-2 lawan Persib Bandung di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Minggu (22/7/2018).

Adi Setiawan mencetak gol yang menyamakan kedudukan di detik-detik menjelang waktu normal habis. Dia berhasil memperdaya kiper Persib Bandung, Deden Natshir.

Pahlawan lainnya adalah Aaron Evans. Sundulannya dua menit memasuki injury time babak pertama, membuat Laskar Antasari menyamakan kedudukan 1-1.

Barito Putera berkat hasil imbang ini kini meraih 28 poin dari 17 pertandingan yang sudah dimainkan. Mereka menggeser posisi PSM Makassar dari posisi teratas hanya berkat keunggulan selisih gol. Posisi Barito bisa tergeser lagi jika PSM memenangkan laga ke-17.

Kedua tim tampil berhati-hati untuk meminimalisir keteledoran di awal laga. Selama 10 menit pertama, upaya serangan dilakukan pihak Barito Putera maupun Persib, namun tempo tak kelewat cepat.

Matias Cordoba memberikan tendangan selamat datang untuk pertahanan Persib pada menit ke-12. Bola hasil sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti meluncur deras, namun melambung tipis di atas gawang.

Peluang tuan rumah berlanjut. Umpan silang Paulo Sitanggang diteruskan Rizky Pora yang berdiri di kotak terlarang. Sang kapten menyundul bola, tetapi sayang hasilnya masih melambung kelewat tinggi.

Persib mendapat peluang balasan dan hampir unggul lebih dulu pada menit ke-28. Umpan silang akurat Ezechiel N’Douassel dituntaskan Dedi Kusnandar dengan tendangan first-time dari muka gawang. Sayangnya, peluang emas ini terbuang percuma karena bola hasil sepakan Dedi melayang tinggi dan menghasilkan tendangan gawang saja untuk tuan rumah.

10 menit kemudian giliran Ghozali Siregar yang membuang peluang matang. Usai menusuk ke kotak penalti, Ghozali melepaskan tendangan dari sektor kanan. Bola lantas menyilang ke sisi jauh, namun masih melebar tipis dari gawang.

Kegagalan tersebut terbayar pada menit ke-42. Persib akhirnya memimpin lewat gol dari situasi set-piece. Umpan sepak pojok Ghozali Siregar dituntaskan dengan baik oleh pemain asal Korea Selatan, In-kyun Oh. Lewat sebuah sundulan, In-kyun membidikkan bola ke sisi kiri gawang dan memaksa Adhitya Harlan memngut si kulit bundar dari gawangnya.

Tak mau kalah dari tim tamu, beberapa detik sebelum babak pertama usai Barito Putera menyamakan skor. Gol lahir pula dari situasi sepak pojok. Umpan Rizky Pora dituntaskan Aaron Evans dengan sundulan akurat yang tak mampu dihalau Natshir.

Memasuki babak kedua, Barito Putera dan Persib Bandung kian aktif menekan pertahanan lawan. Sejumlah peluang di awal 45 menit kedua itu gagal membuahkan gol.

Tapi, menit ke-80, Ezechiel Ndouassel membuat kubu Barito Putera tersedak. Tendangan kaki kirinya dari jarak jauh menjebol gawang Aditya Harlan.

Barito Putera sepertinya bakal menderita kekalahan pertama di kandang sendiri. Tapi, dalam situasi itu, Adi Setiawan muncul sebagai pahlawan. Dia berhasil menaklukkan kiper Deden Natshir hanya semenit sebelum waktu normal habis.

sumber berita