Kabar Kalimantan

Dongkrak PAD, Golkar Minta Kembangkan Potensi Wisata Kalbar

SATUMANDAU Agar dapat mengembangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2018 ini, Golkar meminta pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi wisata di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) tersebut. Harapannya, dengan memanfaatkan secara optimal potensi dari sejumlah obyek wisata di beberapa kabupaten ataupun kota di Kalimantan Barat (Kalbar) diharapkan dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Politisi Golkar Kalbar mengharapkan hal tersebut menjadi faktor utama yang dilakukan Pemprov Kalbar di awal Tahun 2018.

Hj Suma Jenny Heryanti mengatakan, di Provinsi Kalbar sebenarnya masih banyak potensi dari sektor pariwisata yang dapat dikembangkan untuk mendongkrak PAD selain tempat hiburan malam. “Jadi Kalbar memang perlu memiliki sektor pariwisata unggulan agar PAD tidak hanya dari hiburan malam,” demikian menurut Wakil Ketua DPRD Kalbar.

Hj Suma Jenny Heryanti yang merupakan politisi Partai Golkar ini meminta penerimaan dari obyek wisata harus dikelola dengan baik, termasuk mengantisipasi kemungkinan ‘kebocoran’ oleh oknum. Jadi, harapannya, bila pemerintah daerah dapat mengelola sektor wisata dengan baik, akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Ditambah dengan kemampuan mengelola keuangannya dengan baik, tentu akan dapat mencapai target yang ditetapkan. “Karena pengelolaan keuangan yang baik akan menjadi cerminan untuk target pencapaian PAD kita,” demikian jelas Suma.

Legislator Golkar  ini pun meminta untuk meningkatkan infrastruktur penunjang sektor wisata, terutama dukungan dari pemerintah. “Akses potensi pariwisata termasuk hal yang vital untuk digesa,” demikian jelas Suma. Sosok politisi perempuan Golkar lulusan S2 Untan ini berharap agar masyarakat dapat turut serta dalam industri sektor wisata tersebut. Terutama, kepada instansi terkait untuk selalu melibatkan masyarakat dalam mempromosikan potensi wisatanya. Harapannya, jika masyarakat terlibat secara langsung, maka secara otomatis akan turut serta proaktif berusaha memajukan pariwisata di daerahnya masing-masing.  [.]