Politik

Daftarkan 30 Bacaleg, Ini Target Golkar Hulu Sungai Tengah

SATUMANDAU – DPD Partai Golkar Kabupaten Hulu Sungai Tengah, mendaftarkan caleg-calengnya ke Kantor KPU setempat, Senin (16/7/2017) pukul 14.00 Wita.

Pendaftaran para caleg partai pemenang pemilu di HST pada pemilu tahun 2014-2019 dipimpin langsung Ketua DPD Partai Golkar HST H Saban Effendi. Saban, daftar bersama perwakilan sejumlah caleg, dimana caleg partai itu totalnya berjumlah 30 orang.

Rombongan caleg Partai Golkar yang menggunakan seragam kuning-kuning diterima Ketua KPU HST Johransyah, serta anggotanya, Abdul Hadi dan Murjani. Serah terima berkas pun disaksikan tiga anggota Panwaslu HST, Sekretaris KPU serta tim verifikasi di ruang rapat KPU HST.

Usai sidang penerimaan berkas, ketua KPU meminta masa sekeliling 30 menit untuk memeriksa kelengkapan adminsitrasinya. Tetapi, hanya sekeliling 15 menit pemeriksaan, berkas 30 Caleg Golkar HST yang diperiksa dinyatakan sempurna, dan memenuhi syarat.

Para pengurus partai dan para calegpun mengatakan terimakasih kepada KPU HST yang sudah melayani pendaftaran itu. Mengenai caleg yang didaftarkan, kepada BPost, Saban menyebutkan, 80 persen wajah lawas, atau caleg yang pernah menjadi anggota legislatif di HST sebelumnya.

Selebihnya ialah wajah baru dari kader partai Golkar HST sendiri. Berdasarkan Saban, pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang, pihaknya pasang target lebih tinggi dari hasil Pemilu sebelumnya.

Semisal dikenal, delapan caleg Golkar HST pada Pemilu sebelumnya , sukses menduduki kursi DPRD HST. Untuk Pemiu 2019 mendatang, kata Saban, pihaknya menargetkan 12 Kursi dari total 30 kursi di DPRD HST.

“Kita yakin, partai kita tetap diyakini penduduk HST dan kita pun optimistis kembali menjadi partai peraih suara terbanyak di Bumi Murakata,” kata Saban.

Dijelaskan, komposisi caleg HST sudah memenuhi syarat 30 persen keterwakilan wanita. Adapun untuk profesi caleg yang diajukan terdiri pengusaha, pedagang, pensiunan PNS serta petani.

Sementara , Ketua KPU HST Johransyah menyebutkan, pendaftaran caleg hendak berakhir Selasa 17 Juli, pukul 00.00 Wita.

“Kita hendak melayani pendaftaran hingga tengah malam, dan berharap setiap partai telah mendaftarkan calegnya,” kata Johransyah.

Disebutkan, pada Pemilu 2019 mendatang, secara nasional sudah ada 16 partai peserta Pemilu. Tetapi, di HST hanya 15 partai yang bakal mengikuti pesta demokrasi lima tahunan itu. Salah satu partai yang tidak mendaftarkan calegnya itu ialah Partai Garuda.

sumber berita