Kabar Kalimantan

Calon Bupati Golkar Kubu Raya Rusman Ali Nyatakan Mundur dari Pencalonan

 

Satumandau – Pada Kamis (16/11/2017), bertempat di Gedung Aula Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Bupati Kubu Raya menggelar pengumuman. Rusman Ali, sang Bupati Kubu Raya, menyambut langsung kedatangan ratusan perwakilan masyarakat dari seluruh kecamatan Kabupaten Kubu Raya, untuk menyampaikan aspirasi dukungan mereka terhadap sosok sang Bupati.

Sosok Bupati itu didorong untuk terus maju dalam kontestasi pemilihan bupati Kapupaten Kubu Raya dalam ajang Pilkada yang akan digelar serentak pada tahun2018 nanti. Masyarakat Kubu Raya berkumpul dan menjalankan aksi ini, merupakan reaksi dari adanya kabar yang beredar di kalangan masyarakat.

Kabar yang tersiar itu terkait pernyataan bahwa Bupati H. Rusman Ali menyatakan mundur dari pencalonan dihadapan sejumlah ketua partai. Para ketua partai tersebut adalah penerima pendaftaran majunya bupati sebagai petahana dalam kontestasi pilkada 2018.

Masyarakat melakukan aksi konvoi penjemputan Bupati Rusman Ali. Mereka menjemput sang Bupati di bagian kedatangan Bandara Internasional Supadio, Pontianak. Konvoi berjalan beriringan mengikuti Bupati ke kantor Pemkab Kubu Raya, menuju Gedung Aula Pemkab Kubu Raya, sekaligus menyampaikan aspirasi di tempat tersebut.

Dalam pertemuan itu, semua perwakilan masyarakat yang hadir menyampaikan aspirasi kepada sang Bupati. Aspirasi besarnya adalah untuk meminta Rusman Ali tetap maju dalam pilkada sebagai petahana. Aspirasi ini bersandarkan pada penilaian suksesnya perkembangan pembangunan selama pemerintahan Rusman Ali.

Bupati H. Rusman Ali akhirnya memberikan pernyataan, didampingi oleh Plt Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo, Anggota DPRD Kubu Raya, H. Yuslanik selaku Sekertaris DPC Partai Gerindra dan Anggota DPRD Kubu Raya Suharso selaku Ketua DPD Partai Golkar.

Rusman mengatakan bahwa dirinya memang dalam kurun waktu tiga bulan terakhir telah melakukan rapat dengan keluarga. Dalam rapat tersebut ada kesepakatan, yaitu pihak keluarga meminta dirinya agar tidak maju lagi dalam pencalonan di Kubu Raya. Di hadapan ratusan masyarakat tersebut, Rusman juga mengakui, bahwa sehari sebelum pertemuan di Gedung Aula, beliau telah mengumpulkan para ketua partai untuk menyatakan hal yang sama.

Bupati menyampaikan terimakasih di hadapan kehadiran masyarakat itu atas segala bentuk dukungan selama masa kepemimpinannya. Meskipun sang Bupati mengakui bahwa memang masih merasa berat dan sangat memperhatikan keinginan masyarakat sebagai pendukungnya untuk tetap maju. Namun, sekali lagi, beliau belum bisa memberikan jawaban pasti.

Beliau mengatakan permohonan maaf terkait desakan masyarakat, bahwa dirinya belum bisa memberi jawaban dalam waktu dekat. Rusmadi harus berunding dengan keluarga terlebih dahulu, karena baginya, keluarga adalah hal utama. Dirinya berpendapat bahwa banyak orang-orang di Kubu Raya yang memiliki potensi. Hanya saja, beliau berpesan agar siapa pun pemimpinnya untuk bisa melanjutkan pembangunan di Kubu Raya.

Terkait pernyataannya mundur dari pencalonan, Rusmadi menyatakn sudah 99 persen pasti, dan hanya menyisakan satu persen saja yang belum pasti. Untuk memastikannya atau tidak. Bupati mengungkit pernyataannya beberapa waktu lalu, yang mana beliau pernah menyatakan hanya maju satu periode.

Berdasarkan hal tersebut maka sampai saat ini Rusmadi masih menyatakan mengundurkan diri. Akan tetapi dengan adanya permintaan masyarakat dari masyarakat beliau menyatakan sangat mengapresiasikannya. Beliau akan berunding dulu dengan keluarga, karena sebelumnya sudah sepakat untuk tidak maju lagi. [ ]