Sepakbola

Barito Putera Kalahkan Persebaya, Coach Jacksen Thiago Malah Sedih

SATUMANDAU – Suasana hati Pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago terbelah antara gembira dan sedih usai mengalahkan Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu 8 April 2018. Bermain sebagai tim tamu, Barito menang 2-1 atas Persebaya. Pelatih asal Brasil ini gembira karena  tak menyangka bisa mengalahkan Bajol Ijo di depan ribuan bonek, pendukung Persebaya. Namun sekaligus sedih karena tim yang dikalahkan pernah dibelanya bertahun-tahun.

“Saya terharu dengan kemenangan atas perjuangan pemain.  Tapi juga ada kesedihan dengan kekalahan Persebaya. Saya doakan Persebaya sukses ke depannya, tetap  berjaya jangan sampai jatuh seperti waktu itu (degradasi),” kata Jacksen. Wajar jika Jacksen sedih, selain pernah mengatarkan Persebaya menjadi juara, ia juga memiliki istri dan rumah di Surabaya.

Bahkan, pernah  menjadi pencetak gol terbanyak bagi Persebaya di tahun 1997 dan menjadi pelatih terbaik Persebaya di tahun 2004. Selain sedih, Jacksen juga terharu karena kemenangan perdana timnya di dapatkan justru di kandang Persebaya. Dua laga sebelumnya, tim berjuluk Laskar Antasari ini belum menuai kemenangan. Terakhir kalah dari tuan rumah Madura United.

“Salut buat pemain Barito yang bisa lepas dari tekanan. Dua kali laga kita mengalami hasil kurang bagus. Namun akhirnya bisa meraih kemanangan perdana di tempat istemewa. Ini menjadi pelecut kita ke depan untuk lebih baik, ” tambah Jacksen.

Selain mental tangguh pemain, salah satu kunci suksen membekuk Persebaya menurut Jacksen adalah belajar dari video rekaman pertandingan Persebaya. “Saya sudah tekankan ketika konferensi pers, jika saya sudah mengajak pemain ini untuk melihat permainan persebaya lewat video kita preview apa yang harus diwaspadai dan posisi mana yang perlu dipertahankan,” ucapnya.

 

sumber berita