Sepakbola

Barito Putera Anggap Serius PS Tira

SATUMANDAU – Barito Putera saat ini menempati puncak klasemen Liga 1 dengan 20 poin dari 11 laga. Di atas kertas, seharusnya mereka bisa menaklukkan PS Tira yang akan dihadapi di pekan 12 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin 4 Juni 2018.

Meski demikian, pelatih Barito, Jacksen F Tiago, enggan menganggap enteng PS Tira yang tengah berjuang keluar dari zona degradasi. Apalagi, The Army baru melakukan pergantian pelatih. Rudy Eka Priyambada dipecat, diganti duet pelatih sementara, Miftahudin Mukson dan Mahruzar Nasution.

“Pergantian pelatih harus diwaspadai karena dipastikan pola permainan, posisi pemain dan semangat pemain sangat berbeda dan kita harus mengantisipasi itu. Kita waspadai semangat comeback PS Tira dengan pelatih yang baru,” ujar Jacksen.

Pelatih asal Brasil itu harus berpikir ulang dan berusaha membangun konsep baru untuk mengantisipasi hal-hal sangat mungkin terjadi selama laga berlangsung. Jacksen sangat minim data tentang gaya dan komposisi pemain PS Tira dengan pelatih baru. “Semoga apa yang kita rencanakan sesuai sehingga pemain bisa bermain baik dan mendapatkan hasil yang baik,” ucapnya.

Jacksen menuturkan, Barito tidak akan memberikan perhatian khusus kepada pemain PS Tira yang kerap mencetak gol. Dia menginstruksikan untuk memberi perhatian kepada seluruh pemain The Army karena mereka punya potensi untuk mencetak gol.

“Tidak ada man to man marking namun kita mewaspadai seluruh pemain PS Tira yag sedang berlaga,” kata eks pelatih Persebaya Surabaya dan Persipura Jayapura ini. Empat pemain utama Barito harus absen karena harus bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 dan Timnas U-23. Namun, Jacksen mengaku sudah menyiapkan pemain pengganti.

“Siapa pemain penggantinya nanti setelah laga digelar akan ketahuan. Biar agak seru dikit,” kata Jacksen sambil tersenyum.

Sementara itu, salah satu pemain Barito, Paulo Sitanggang menyebut, persiapan menghadapi laga melawan PS Tira dilakukan seperti biasanya sesuai dengan arahan pelatih. Setiap pemain sudah siap untuk diturunkan dalam laga tersebut, “Pemain PS Tira banyak yang muda tentu punya semangat yang berbeda pula sehingga itu yang patut kita waspadai,” katanya.

sumber berita