Politik

ARB, Agung Laksono dan Akbar Tandjung Dukung Penuh Airlangga Sebagai Cawapres Jokowi, Bukan JK

SATUMANDAU – Ketum Golkar Airlangga Hartarto menggelar pertemuan dengan sejumlah senior partai Golkar. Dalam pertemuan itu, tokoh senior Golkar mendukung Airlangga maju sebagai cawapres Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019.

Dalam pertemuan yang digelar di Hotel Four Seasons, Jakarta, pada Selasa (24/7) itu, hadir Sekjen Lodewijk F Paulus, beserta Wakil Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung, Ketua Dewan Pembina Aburizal Bakrie (Ical), dan Ketua Dewan Pakar Agung Laksono.

“Dalam pertemuan tersebut juga disinggung dukungan Pak Aburizal Bakrie, Pak Akbar dan Pak Agung Laksono tentang dukungannya terhadap Partai Golkar yang mendorong Pak Airlangga Hartarto sebagai cawapresnya Pak Jokowi,” kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan saat dikonfirmasi, Rabu (25/7/2018).

Ace menuturkan para tokoh senior partai menyampaikan agar Golkar konsisten mendukung Jokowi sebagai capres. Akbar, Ical, dan Agung berkomitmen untuk memenangkan Jokowi di Pilpres 2019.

Selain itu, ketiga tokoh senior juga berkomitmen memperjuangkan target perolehan suara Golkar di Pileg 2019 sebesar 18 persen.

“Baik Pak Akbar, Pak Aburizal Bakrie maupun Pak Agung Laksono menunjukkan komitmennya untuk bersama-sama berjuang memenangkan Partai Golkar dalam Pileg 2019 dengan target 18% dan turun berkampanye memenangkan Pak Jokowi sebagai capres 2019 nanti,” sebut Ace.

Hal senada juga disampaikan oleh Wasekjen Golkar Sarmuji. Para senior partai berlambang itu mendukung Airlangga sebagai cawapres Jokowi.

“Para Ketua Dewan Kehormatan, Dewan Pakar dan Dewan pembina memberi dukungan Pak Airlangga untuk menjadi Cawapres Jokowi,” ujar Sarmuji terpisah.

Menyusul gugatan masa periode cawapres, nama Wapres Jusuf Kalla (JK) disebut-sebut bakal kembali maju mendampingi Jokowi. Namun Golkar tidak mendukung eks ketumnya itu.

“Tidak membicarakan Pak JK,” kata Sarmuji.

Pertemuan elite Golkar semalam juga membicarakan hasil pertemuan antara Jokowi dan ketum-ketum parpol koalisi pendukungnya, termasuk Airlangga, pada Senin (23/7) kemarin. Dalam pertemuan itu disebut Jokowi dan mitra koalisi sudah sepakat akan satu nama untuk cawapres.

“Pertemuan tadi malam Ketua Umum menjelaskan tentang hasil pertemuan dengan Pak Jokowi beserta mitra koalisi,” ungkap Sarmuji.

“Masalah Cawapres pada akhirnya berpulang ke Pak Jokowi,” imbuh dia.

Ical, Akbar Tandjung hingga Agung Laksono akan turun gunung dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019. Bukan hanya sebagai juru kampanye, tapi juga konsolidasi partai.

“Dewan Pakar, Dewan Kehormatan dan Dewan Pembina siap turun gunung untuk memenangkan Golkar di 2019 Terlibat dalam kampanye hingga ke daerah-daerah menyemangati para kader dan konstituen partai untuk memenangkan partai di pemilu 2019,” beber Sarmuji.

“Bukan hanya kampanye dalam pengertian pertemuan umum (terbuka) tapi juga pertemuan-pertemuan yang berbentuk konsolidasi dan penguatan infrastruktur partai,” tambah dia.

sumber berita