Politik

April Mendatang, Rencana Musdalub Golkar Kaltim

Suasana rapat pleno DPP Golkar Kaltim, Balikpapan (sumber foto: IG @hetifah)

Suasana rapat pleno DPP Golkar Kaltim, Balikpapan (sumber foto: IG @hetifah)

SATUMANDAU Hasil rapat pleno di Balikpapan pada Selasa (6/3/2018) yang diselenggarakan oleh DPD Partai Golkar Kaltim memutuskan bahwa kegiatan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) akan digelar pada bulan April 2018 mendatang. Pelaksanaan kegiatan tersebut akan berlangsung bersamaan dengan padatnya kegiatan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2018. 

Salah satu peserta rapat tersebut, Hetifah Sjaifudian memberikan penjelasan terkait hasil rapat pleno tersebut. Sosok yang mengetuai Bidang Pemberdayaan Perempuan DPP Partai Golkar ini menjelaskan bahwa keputusan dari peserta rapat pleno menghasilkan keputusan untuk menunjuk ketua panitia. Selain itu juga membentuk steering committee (SC), dan organizing committee (OC) terkait penyelenggarakan musdalub pada Bulan April nanti.

Pada rapat pleno tersebut juga menunjuk Muchtarudin sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Golkar Kaltim, berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh DPP Partai Golkar. Penunjukan ini untuk menggantikan Andi Sofyan Hasdam yang akan berkonsentrasi pada pemenangan Pilgub Kaltim. Muchtarudin juga akan mengawasi segala hal terkait persiapan penyelenggaraan kegiatan musdalub Golkar Kaltim tersebut. 

Muchtarudin juga merupakan Wakil Koordinator Bidang (Korbid) Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa dan Kalimantan DPP Partai Golkar akan terlibat aktif mengawasi penyelenggaraan kegiatan tersebut. Dalam penjelasannya, Hetifah Sjaifudian membeberkan sosok-sosok yang duduk sebagai panitia penyelenggaraan musdalub Golkar Kaltim. 
“Yang ditunjuk sebagai Ketua SC, pak Hatta Zainal. Sedangkan Ketua OC, pak Sahril Basran. Sesuai usulan kader dan pengurus partai, musdalub dilaksanakan April mendatang. Cuman tanggalnya, belum diputuskan,” demikian politisi perempuan Partai Golkar ini membeberkan susunan penanggung jawab kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, sosok yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) ini memberikan penjelasan bahwa dalam rapat pleno telah mempertimbangan banyak hal terkait kelebihan dan kekurangan terkait waktu pelaksanaan musdalub, jika kegiatan tersebut digelar sebelum atau sesudah pelaksanaan kegiatan Pilgub Kaltim. Menurutnya, para peserta pleno memberikan masukan yang positif.

Legislator Partai Golkar ini menyebutkan, andaikata kegiatan musdalub tersebut dilaksanakan sesudah pelaksanaan pilgub, para peserta mengkhawatirkan kegiatan musdalub tersebut akan memberikanpengaruh pada persiapan kegiatan pemilihan legislatif (pileg). Terutama erat kaitannya dengan proses perekrutan para kader yang telah berencana maju untuk menjadi calon anggota legislatif (caleg), baik di tingkat kabupaten, kota, dan juga provinsi.

“Kalau dilaksanakan sebelum pilgub, ada juga kekhawatiran sebagian kader, akan menghambat persiapan pemenangan pak Andi Sofyan Hasdam dan pak Rizal Effendi sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur. Takutnya memecah konsentrasi kader dan pengurus partai, karena harus mempersiapkan musdalub dan kampanye pilgub,” demikian beber Hetifah Sjaifudian ini.

Walaupun demikian, ada juga sebagian peserta rapat pleno yang mengkhawatirkan, andaikata musdalub diselenggarakan sebelum pencoblosan Pilgub Kaltim, hal tersebut juga memberikan keuntungan. Keberadaan ketua definitif akan memberikan kepastian, sehingga juga akan berimbas pada kemudahan untuk menggerakan mesin partai dalam rangka mengupayakan pemenangan pilgub dan pileg. “Kalau cepat dapat ketua definitif, maka mudah menggerakan mesin partai,” demikian penjelasan wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) Kaltim dan Kaltara ini.

Terkait tanggal pelaksanaan kegiatan musdalub, menurut Hetifah Sjaifudian akan menyesuaikan dengan jadwal kegiatan Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto. Karena, menurut rencana, musdalub Golkar Kaltim akan dihadiri oleh Airlangga Hartarto, sosok ketum Golkar yang juga menjabat sebagai Menteri Perindustrian di Kabinat Kerja Jokowi-JK.

Hetifah mengatakan bahwa Ketua Umum DPP Partai Golkar akan menghadiri musdalub Golkar Kaltim pada April nanti. “Rencananya, pelaksananaan musdalub akan dipimpin oleh pak Airlangga. Teman-teman panitia akan segera melakukan komunikasi untuk memastikan kesiapan pak Airlangga,” demikian jelas legislator Partai Golkar yang menjadi anggota Komisi II DPR RI ini. [ ### ]