Nusantara

Amien Rais Minta Pemerintah Tak Perlu Overacting Terhadap Kritik Penanganan Terorisme

SATUMANDAU Politikus senior PAN Amien Rais mengkritik cara pemerintah menanggulangi peristiwa terorisme yang belakangan marak terjadi. Hal ini disampaikan Amien terkait penangkapan seorang dosen yang menyebut tiga bom gereja di Surabaya merupakan pengalihan isu. Amien mengatakan pemerintah tak perlu berlebihan menghadapi hal itu.

“Menurut saya, sekarang ini yang penting pemerintah jangan overacting. Tidak usah mengatakan misalnya, ada guru mengatakan jangan-jangan teroris itu bikinan. Nah, itu kan (ditangkap),” kata Amien di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/5/2018). Amien mengimbau pemerintah tak menciptakan ketakutan di tengah masyarakat. Menurut Amien, penangkapan-penangkapan semacam itu hanya akan menimbulkan kerepotan bagi pemerintah sendiri.

“Mungkin betul mungkin nggak. Kalau nggak, ya sudah biarkan saja. Jangan ditangkap-tangkap. Jangan sampai ada psychology of fear, ketakutan itu makin meledak di mana-mana. Nanti repot,” ujar dia. “Itu pengalaman di seluruh negara. Jika rezim beri ketakutan kepada rakyatnya, rakyat diam, begitu di titik tertentu akan meledak. Jadi kita jaga jangan sampai grusa-grusu. Biarlah anak muda, orang tua ngomong segala macam,” imbuh Amien.

 

sumber berita