Nusantara

Agus Gumiwang Kartasasmita Dilantik Jadi Menteri Sosial Gantikan Idrus Marham

SATUMANDAU – Presiden Joko Widodo resmi melantik Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai menteri sosial menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri karena diduga terlibat kasus korupsi

Pelantikan Agus digelar di Istana Negara, Jumat (24/8), pukul 15.30 WIB. Pelantikan merujuk pada Keputusan Presiden Nomor 148p Tahun 2018 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Kerja 2014-2019.

Presiden Jokowi memandu pengucapan sumpah jabatan menteri sosial yang diemban Agus Gumiwang.

Hadir dalam pelantikan itu, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan sejumlah menteri kabinet kerja seperti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, KASAD, Menteri ATR Sofyan Djalil, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Perindustrian dan Ketua Golkar Airlangga Hartarto.

Pelantikan juga dihadiri oleh KSP Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua DPD Oesman Sapta Odang.

Idrus Marham menyatakan mundur sebagai Menteri Sosial dan pengurus Partai Golkar, Jumat (24/8). Idrus beralasan pengunduran diri itu merupakan bentuk pertanggungjawaban dirinya, yang diduga terlibat kasus korupsi. Dia juga mengaku ingin berkonsentrasi menghadapi kasus hukumnya.

“Sebagai pertanggungjawaban moral saya, saya mengajukan pengunduran diri kepada Bapak presiden,” ujar Idrus usai menghadap Jokowi.

Ia mengakui tak membicarakan soal penggantinya dengan Presiden. Sebab, kata dia, itu adalah ranah prerogatif Jokowi. Menurutnya, pengunduran diri itu sendiri dikarenakan sudah menerima Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari KPK, Kamis (23/8) sore.

KPK telah memeriksa Idrus tiga kali sebagai saksi yakni 19 Juli, 26 Juli, serta 15 Agustus dalam kasus korupsi PLTU Riau. Tersangka korupsi PLTU Riau, Eni Maulani Saragih ditangkap di kediaman Idrus.

Eni yang juga politikus Partai Golkar, diduga menerima suap Rp4,8 miliar dari pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo untuk memuluskan proses penandatanganan Pembangkit setrum Riau itu.

sumber berita