Kabar Kalimantan

Ada 1.476 Lahan Terbakar di Kalsel

SATUMANDAU – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan (Kalsel), Wahyudin mengatakan, luasan lahan yang terbakar karena kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di provinsi itu mencapai 1.476 hektare.

“Lahan yang terbakar seluas itu merupakan kumulatif sejak Januari hingga 2 September 2018 dan tersebar di seluruh kabupaten dan kota,” katanya, di Banjarbaru, Minggu.

Menurut Wakil Komandan I Satuan Tugas Penggulangan Karhutla Kalsel itu, Karhutla pada seluruh kabupaten dan kota di Kalsel dengan luasan bervariasi. Disebutkan, Karhutla di Kalsel yang terbagi dalam 13 kabupaten dan kota disebabkan musim kemarau sehingga menimbulkan cuaca panas dan kekeringan.

“Musim kemarau dan kekeringan yang melanda Kalsel membuat hutan maupun lahan kosong mudah terbakar sehingga menimbulkan asap yang dampaknya mengganggu seluruh sektor,” ujarnya.

Dikatakan, wilayah yang paling luas terbakar adalah hutan dan lahan di Kota Banjarbaru mencapai 371,6 hektare, disusul Kabupaten Tanah Laut 304,1 hektare dan Banjar 282,25 hektare. Kemudian, Kabupaten Tapin seluas 152,15 hektare, Kabupaten Hulu Sungai Selatan 148,1 hektare, Hulu Sungai Utara 95 hektare, Tanag Bumbu 36 hektare, Balangan 32,5 hektare dan daerah lain dibawah 20 hektare.

 

sumber berita