Kabar Kalimantan

Abdul Gafur Mas’ud, Pemimpin Muda Harapan Baru Penajam Paser UtR

SATUMANDAU – Di ujung timur pulau Kalimantan, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kini punya pemimpin baru. Pemimpin muda yang memberikan harapan cerah.  Bila tak ada halangan dan sesuai dengan hasil hitungan cepat (quick count), maka Pasangan Calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU)  Haji Abdul Gafur Mas’ud (AGM)-Hamdam akan menjadi pemimpin di kabupaten termuda kedua di Kaltim.

Paslon ini unggul atas paslon Andi Harahap-Fadly Imawan (Ahli) di urutan dua serta Mustaqim-Sofyan Nur di urutan buncit. Sebagaimana diketahui, Abdul Gafur Mas’ud (AGM)-Hamdam diusung koalisi Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem), serta didukung Partai Amanat Nasional (PAN).

Kemudian pasangan Andi Harahap-Fadly Imawan diusung koalisi Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDI-P), serta dukungan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Idaman dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Sementara pasangan Mustaqim MZ (saat ini menjabat Wakil Bupati Penajam Paser Utara) berpasangan dengan Sofyan Nur diusung koalisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta Partai Bulan Bintang (PBB).

Abdul Gafur Mas’ud

Bila tidak ada aral melintang, maka  Abdul Gafur Mas’ud atau AGM akan tercatat sebagai salah satu bupati termuda di Indonesia. Sosok kelahiran Balikpapan pada 7 Desember 1987 ini belum genap berusia 31 tahun. AGM selain muda juga tercatat sebagai calon bupati terkaya. Harta kekayaannya sejauh ini berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) adalah sebesar Rp 36.591.376.075,-.

Rahmad Mas’ud, Wakil Walikota Balikpapan adalah kakak kandung dari Abdul Gafur Mas’ud. AGM adalah bungsu dari pasangan Mas’ud dan Rawaidah. Sementara istri AGM, Hj Risna, tercatat sebaga warga Jennebora, Penajam Paser Utara.

Pendidikan yang dilakoni oleh AGM tersebar di beberapa kota, mulai dari Balikpapan, SMA Pesantren Darunnajah, sebuah sekolah boarding di Ulujami, Jakarta Selatan. Untuk pendidikan lanjutan, AGM mendapatkan gelar sarjana ekonomi di STIE Aprin Palembang, Sumatera Selatan.

Sosok AGM mulai tenar namanya ketika menjadi BPC HIPMI Balikpapan, yang dilantik 21 Maret 2015. Lebih lanjut, nama AGM juga tercatat di beberapa organisasi, seperti pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum BPP Pusat HIPMI di Jakarta, Ketua Umum BPC HIPMI Kota Balikpapan, Bendahara Umum PMI Kota Balikpapan, Wakil Koordinator Tetap Kadin Indonesia Timur, Wakil Ketua Sumber Daya Alam dan Mineral BPP KKSS, Ketua Ikatan Alumni Lemhanas HIPMI.

Seperti Rahmad Mas’ud, AGM pun terjun ke politik praktis, dengan terpilih menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan  melalui Musyawarah Daerah IV dan Musyawarah Cabang III Kaltim di Samarinda. Jabatan ini membuat AGM menjadi Ketua Partai Demokrat termuda di seluruh Indonesia.

###