Nusantara

5 Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

SATUMANDAU Labu siam atau biasa dikenal juga sebagai jipang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang banyak manfaat ini dari suku labu-labuan atau cucurbitaceae yang bisa dikonsumsi bagian buah serta pucuknya yang masih muda. Jenis tumbuhan yang satu ini tumbuh dengan merambat di atas tanah ataupun agak memanjat, labu siam juga biasa dibudidayakan oleh masyarakat di halaman rumahnya. Negara yang menjadi pengekspor utama dari labu siam yakni Costa Rica, namun di Indonesia bisa Anda temui dengan mudah di pasar – pasar tradisional dan supermarket.

Nama labu siam sendiri dikarenakan jenis tumbuhan ini didatangkan dari daerah Siam (sekarang Thailand) oleh orang – orang Belanda yang mana hingga kini masyarakat Indonesia menyebutnya sebagai labu siam. Jenis tanaman ini memiliki ciri yakni buahnya yang menggantung di tangkai, daun berbentuk segitiga dan memiliki permukaan yang berbulu. Labu siam pada umumnya direbus sebentar sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan getahnya, selain itu labu siam ternyata juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

5 Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama yang akan Anda peroleh apabila mengkonsumsi labu siam adalah bisa membantu menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan labu siam tergolong salah satu makanan yang mengandung kalori sangat rendah. Perlu Anda ketahui bahwa labu siam hanya memiliki 16 kalori dalam setiap 100 gramnya sehingga membuat labu siam sangat sesuai sebagai salah satu menu diet.

  1. Menjaga Kesehatan Janin

Manfaat kedua yang juga bisa diperoleh dengan mengkonsumsi labu siam adalah bisa menjaga kesehatan janin, bagi Anda yang sedang hamil dan ingin agar bayi Anda lahir dalam keadaan sehat maka Anda bisa mengkonsumsi labu siam. Labu siam sendiri memiliki kandungan vitamin B komplek yakni asam folat yang sangat dibutuhkan pada saat proses pembelahan sel sehingga akan membantu pertumbuhan janin.

  1. Menurunkan Kolesterol

Saat ini ada banyak sekali orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, jika Anda adalah salah satunya maka Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi labu siam. Labu Siam sendiri tidak memiliki kandungan lemak jenuh serta kandungan kalorinya yang sangat rendah sehingga akan sangat baik untuk menurunkan dan juga menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat yang juga bisa Anda dapatkan apabila mengkonsumsi labu siam adalah mampu mencegah penyakit kanker, hal ini dikarenakan di dalam labu siam terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi yaitu apigenin serta luteolin. Kedua jenis antioksidan tersebut akan berperan penting dalam melawan dan juga membersihkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kelima yang juga bisa didapat dari labu siam yakni mampu untuk mencegah terjadinya penuaan dini, perlu untuk diketahui bahwa labu siam ternyata memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Flavonoid ini akan memiliki peran yang sangat penting dalam membantu tubuh melawan berbagai zat berbahaya seperti misalnya ROS (Reactive Oxygen Species) yang merupakan penyebab penuaan dini.

Labu siam yang bisa dengan mudah Anda temukan di pasar-pasar ternyata memiliki berbagai macam khasiat yang sangat baik bagi tubuh seperti yang telah diulas di atas.